Home » , » Manfaat dan Khasiat Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)

gambar atau foto Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)
Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)


Deskripsi Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing adalah tanaman buah yang biasanya ada di sekitar kita. Tanaman belimbing ini biasanya ditanam di pekarangan rumah, halaman depan rumah, dan dapat juga ditanam sebagai tanaman tabulang pot. Nama latin tanaman belimbing adalah  Averrhoa Carambola L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman belimbing adalah Star Fruit, Chinese Star Fruit Five Angled Fruit, dan Star Apple. Menurut sejarah asal usul tanaman belimbing ini berasal dari Sri Langka dan Maluku. Persebaran tanaman belimbing ini dari Malaysia, Thailand, Israel, Filipina, Australia, Indonesia, China Selatan, India, Afrika Tropis, Pasifik Selatan, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. Ciri-ciri fisik dari tanaman belimbing ini adalah tanaman pohon dengan buah yang memiliki segi lima berwarna hijau kekuningan. Karakteristik rasa dari buah tanaman belimbing ini memiliki rasa yang asam dan manis. Fungsi dan kegunaan tanaman belimbing untuk sebagian orang berguna untuk tanaman hias, buah dimakan, kayunya dapat dijadikan perkakas dan kayu bakar,  dan buahnya digunakan untuk membuat jus dan selai. Namun yang jarang kita tahu tanaman belimbing ini ternyata dapat juga digunakan untuk obat herbal tanaman belimbing dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Belimbing

Sunda : Balimbing Amis
Batak : Asom Jorbing
Gorontalo : Lembetua
Makasar : Bainang Sulapa
Halmahera : Balibi Totofuko

Klasifikasi Tanaman Belimbing

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae
Genus: Averrhoa
Spesies: Averrhoa carambola L

Anatomi dan Morfologi Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Oxalidaceae). Tanaman belimbing merupakan tanaman pohon yang tingginya dapat mencapai 12 m. Batang tanaman belimbing berkayu, bercabang banyak, berwarna coklat. Daun tanaman belimbing berdaun majemuk, menyirip, dengan ujung daun yang meruncing, pangkal daun membulat dan tepi daun rata. Bunga tanaman belimbing majemuk malai, bunganya muncul pada batang, ranting atau ketiak daun. Buah tanaman belimbing buah buni, dengan ukuran sekitar 4-13 cm, berbentuk segi lima memanjang mirip seperti bintang apabila kita membelahnya, buahnya berwarna hijau ketika masih mentah dan akan berwarna kuning orange ketika sudah matang. Tanaman belimbing dapat menghasilkan buah sepanjang tahun. Biji tanaman belimbing lanset, berbentuk pipih, dan berwarna putih kecoklatan. Budidaya tanaman belimbing ini perkembangbiakannya dengan cara stek dan biji. Habitat tanaman belimbin di daerah tropis lembab hingga ketinggian sekitar 1.200 meter, uhu berada dalam kisaran 24-30 ° C, tetapi dapat mentolerir 5-39 ° C, dengan curah hujan tahunan rata-rata di kisaran 1.200 - 2,000mm, tetapi mentolerir 600 - 3,000mm.

Bagian Tanaman Belimbing Yang Digunakan

Daun dan buah

Kandungan Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing pada bagian daunnya mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid. Sedangkan pada bagian buahnya mengandung glukosa, protein, lemak, kalsium, phospor, besi, dan Vitamin A,B,C.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Belimbing Untuk Kesehatan
  1. Buah tanaman belimbing untuk mengobati tekanan darah tinggi.
  2. Buah tanaman belimbing berguna sebagai obat sakit susah buang air besar.
  3. Buah tanaman belimbing berkhasiat untuk mengobati sakit malaria.
  4. Buah tanaman belimbing bermanfaat untuk menyembuhkan batuk.
Catatan

Orang mempunyai riwayat penyakit tukak lambung, ibu hamil, dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi herbal tanaman belimbing.

0 comments:

Post a Comment