Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Sente (Alocasia Macrorrhiza Schott)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Sente (Alocasia Macrorrhiza Schott)

 
Manfaat dan Khasiat Tanaman Sente (Alocasia Macrorrhiza Schott)
Tanaman Sente (Alocasia Macrorrhiza Schott)




Deskripsi Tanaman Sente

Tanaman sente adalah tanaman yang termasuk dalam suku tanaman talas-talasan yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman ini biasanya di tanaman di tempat terbuka seperti ladang, persawahan dan halaman depan rumah karena ukurannya yang cukup besar. Nama latin tanaman sente adalah Alocasia Macrorrhiza Schott. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman sente ini mempunyai nama Taro. Ciri-ciri tanaman sente ini yaitu memiliki daun yang seperti jantung dan umbi yang cukup besar. Fungsi dan kegunaan tamanan sente bagi sebagian orang digunakan sebagai bahan makanan pada bagian umbinya karena kaya akan karbonhidrat. Dan juga terkadang digunakan sebagai tanaman hias depan rumah. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman sente ini memiliki manfaat dan khasiat yang mana untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Sente

Sumatera : Birah,  Bio
Sunda : Sente
Jawa : Sente
Madura : Bira
Sulawesi : Bira , Biraah, Lawir
Maluku : Hila, Kiha

Klasifikasi Tanaman Sente

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arales
Famili: Araceae (suku talas-talasan)
Genus: Alocasia
Spesies: Alocasia macrorrhiza Schott

Anatomi dan Morfologi Tanaman Sente

Tanaman sente merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis keluarga tanaman dari suku talas-talasan (Araceae). Tanaman sente ini tumbuhnya berdiri tegak dengan tinggi  dari 1-3 m. Batang tanaman sente ini tidak berkayu, berbentuk bulat dan berwarna putih kecoklatan. Tanaman sente ini berdaun tunggal, bentuk daunnya seperti jantung dengan pertulangan daun yang banyak. Pada bagian pangkal daun tanaman sente ini berlekuk, ujung daunnya runcing dengan tepi daun yang rata. Daun tanaman sente ini memiliki ukuran 25-75 cm dan berwarna hijau. Tanaman sente memiliki bunga bertongkol berbentuk silindris. Bunga tanaman sente ini muncul pada bagian ketiak daun dengan panjang tangkai 20-30 cm berwarna putih kekuningan. Buah tanaman sente ini buni dengan diameter 5 cm berwarna hijau. Sedangkan bijinya berbentuk bulat panjang, beralur membujur  dan berwarna hijau. Tanaman sente ini berkembang biak menggunakan biji dan juga umbinya. Habitat tanaman sente ini berada pada dataran rendah dan tinggi dengan keadaan tanah yang cukup lembah dan sinar matahari yang cukup.

Kandungan Tanaman Sente

Tanaman sente mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Sente Bagi Kesehatan

Tanaman sente untuk menyembuhkan sakit pada sendi.
Tanaman sente berguna untuk mengobati penyakit batuk.

Catatan 

Konsumsilah herbal tanaman sente ini dengan bijak dan sesuai takaran. Tanaman sente ini memiliki zat kalsium oksalat jika kita memakan tanaman ini dalam keadaan mentah atau kurang matang dalam pengolahannya akan terjadi gatal-gatal pada mulut.

0 comments:

Post a Comment