Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Jombang

Manfaat dan Khasiat Tanaman Jombang



Jombang (Taraxacum mongolicum Hand-Mazz) mempunyai banyak khasiat untuk pengobatan. Tanaman ini sering tumbuh di lereng pegunungan atau terkadang di pinggir jalan yang berhawa sejuk. Dalam farmakologi Cina menyebutkan Jombang memiliki rasa manis, pahit, bersifat dingin, dan masuk meridian lever, serta lambung. Kandungan kimia jombang antara lain choline, taraxol, taraxerol, taraxasterol, a-amyrin, stigmasterol, glukosa, fruktosa, dan beta-sitosterol.

Manfaat tumbuhan jombang
Seluruh bagian tumbuhan, rimpang segar, atau dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Kanker di bagian paru-paru, servix, uterus, dan gusi
Cuci bersih 30 g tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus. Ulangi dengan cara yang sama 2 kali sehari.

2. Luka bakar dan tersiram air panas
Tumbuk 60 g akar segar hingga halus, lalu peras. Oleskan air perasan pada bagian yang luka.

3. Maag kronis
Cuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masinh 1/2 gelas.

4. Memperbanyak ASi dan memperbaiki fungsi pencernaan
Potong kecil-kecil 30 g akar atau rimpang jombang segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring lalu peras air rebusan dan bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore masing- masing satu bagian.

5. Radang atau abses payudara
Cuci bersih 30 g tumbuhan jombang segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sraing air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Untuk obat luarnya, cuci tumbuhan jombang segar sebanyak 60 g, tumbuk, lalu peras. Oleskan air perasannya pada bagian yang sakit.

1 comments: