Home » » Khasiat Tanaman Pandan Wangi

Khasiat Tanaman Pandan Wangi



Pandan wangi merupakan bagian dari ordo Pandanus yang didominasi oleh tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis. Secara umum Pandan Wangi memiliki ciri-ciri yang sama yakni daun yang memanjang layaknya palem atau juga rumput namun ukurannya lebih besar. Bagian tepi Daun Pandan wangi terkadang memiliki duri yang tajam. Akar pada pandanus memiliki ukuran yang besar dan tergolong ke dalam jenis akar tunjang.

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan





Manfaat Daun Pandan Wangi sebagai berikut :

1. Mengatasai Lemah Syahwat 

Salah satu manfaat daun pandan wangi yang belum diketahui orang adalah keampuhannya mengatasi keluhan lemah syahwat pada pria. Caranya cukup mudah, ambilah daun pandan sebanyak 3 lembar kemudian bersihkan. Setelah itu potong dalam ukuran kecil dan selanjutnya rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah itu angkat dan saring. Minum ramuan ini di pagi dan juga sore hari. Sebaiknya setelah Anda makan. 

2. Menghilangkan Ketombe

Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah untuk mengusir ketombe pengganggu di kepala. Caranya sederhana, ambil daun pandan dan kemudian timbuk hingga halus. Selanjutnya, peraslah ari pandan tersebut. Kemudian airnya dioleskan secara merata pada kulit kepala Anda atau pada bagian-bagian yang berketombe. Biarkan selama 30 menit dan bilas bersih. Lakukan langkah ini hingga ketombe Anda benar-benar hilang. 

3. Membuat Rambut Lebih Hitam 

Caranya, ambillah daun pandan kuranglebih 8 lembar dan kemudian potong dalam ukuran kecil. Selanjutnya rebus bersama 1 liter air dan tunggu sampai warna air berubah menjadi kehijauan. Angkat air tersebut dan embunkan semalaman. Saat pagi menjelang, basuhlah rambut Anda dengan air pandan tersebut. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Dan jauh lebih baik jika Anda mencampurnya dengan perasan buah mengkudu sebelum digunakan di kepala. 

4. Merangsang Nafsu Makan

Caranya: Ambil dua lembar daun pandan dan selanjutnya rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Tunggu sampai air tersebut susut hingga 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Jika tak suka, Anda bisa menambahkan madu agar lebih nikmat. 

5. Mengusir Rematik 

Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah sebagai pengusir rematik. Caraya dengan menyeduh daun pandan sebanyak 3 lembar dengan ½ cangkir minyak dari kelapa. Setelah merata dan dingin, gunakan minyak tersebut pada bagian tubuh Anda yang terasa pegal dan juga terkena rematik. Gosok atau urut perlahan dan biarkan selama beberapa waktu. 


0 comments:

Post a Comment