Home » » Manfaat dan Khasiat Bangle (Zingiber Purpureum Roxb)

Manfaat dan Khasiat Bangle (Zingiber Purpureum Roxb)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bangle (Zingiber Purpureum Roxb)
Tanaman Bangle (Zingiber Purpureum Roxb)



Deskripsi Tanaman Bangle

Tanaman bangle adalah tanaman rempah yang sering kita temukan disekitar kita. Tanaman bangle dapat dijumpai pada pekarangan rumah, tepi hutan, dan kebun. Nama latin tanaman bangle adalah Zingiber Purpureum Roxb. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman bangle mempunyai nama Purple Ginger. Tanaman bangle ini tersebar dari daerah Asia tropika dari India sampai wilayah Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Laos dan Kamboja. Ciri-ciri tanaman bangle ini mempunyai bunga yang berbentuk bongol seperti bonggol tanaman jagung berwarna hijau kemerahan dengan daun memanjang dan lancip berwarna hijau. Fungsi dan kegunaan tanaman bangle bagi sebagian masyarakat digunakan untuk bumbu dapur. Rimpang tanaman bangle berbau khas aromatik, rasanya agak pahit dan agak pedas. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman bangle ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Bangle

Jawa : Bangle.
Sunda : Panglai.
Madura : Pandhiyang.
Sumatera : Bengle, Mugle, Baglai, Baniai, Banglai, Bunglai, Bangle, Kunyit Bolai, Kunit Bolai.
Bali : Banggele.
Maluku : Unin Pakei, Unin Makei, Bangle, Bongle.
Kalimantan : Bangalas.

Klasifikasi Tanaman Bangle

Kingdom: Plantae ( Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta ( Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida ( berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae ( suku jahe-jahean)
Genus: Zingiber
Spesies: Zingiber purpureum Roxb

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bangle

Tanaman bangle merupakan salah satu tanaman dari keluarga suku tanaman jahe-jahean (Zingiberaceae). Tanaman bangle ini termasuk tanaman semusim yang tumbuh tegak dengan ukuran dapat mencapai 1 m. Tanaman bangle ini biasanya tumbuh berkelompok. Tanaman bangle memiliki batang semu yang terdiri dari pelepah daun dibagian pinggir ujungnya berambut sikat. Daun tanaman bangle tunggal letaknya berseling, berbentung panjang lonjong dengan bagian ujung daun meruncing atau lancip, dengan bagian pangkal daun tumpul dan berbulu halus. Tanaman bangle pertulangan daunnya menyirip dengan ukuran daun 23 sampai 25 cm, lebar daun 20 sampai 40 mm, dan berwarna hijau. Bunga tanaman bangle majemuk berbentuk tandan yang muncul dari ujung pangkal batang tanaman, panjang tangkai bunga bangle 20 cm. Tanaman bangle bunganya berbentuk bulat lonjong dengan ukuran 6-10 cm, lebar 4-5 cm. Kelopak bunga tanaman bangle tersusun seperti sisik ular, berbentuk tabung, ujungnya bergigi tiga, berwarna merah kehijauan. Tanaman bangle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging, berbentuk tidak beraturan, tebal rimpang tanaman bangle 2 sampai 5 mm dengan permukaan rimpang tidak rata.Warna rimpang tanaman bangle berwarna kecoklatan. Tanaman bangle berkembang biak menggunakan rimpang. Cara menanam tanaman bangle ini dengan memotong beberapa bagian rimpangnya kemudian kubur dengan tanah yang memiliki unsur hara yang banyak kemudian siram dengan air tunggu hingga tunasnya muncul. Tanaman bangle hidup pada daerah yang mempunyai intensitas cahaya matahari yang cukup dan tanaman ini tidak menyukai media tanah yang becek atau tergenang air karena akan menyebabkan pembusukan pada rimpangnya. Habitat tanaman bangle berada pada dataran rendah sampai 1.300 m dpl.

Bagian Tanaman Bangle Yang Digunakan

Daun dan rimpang

Kandungan Tanaman Bangle

Tanaman bangle mengandung minyak atsiri ( sineol, pinen), damar, pati, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bangle Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bangle untuk mengobati demam.
  2. Tanaman bangle berguna untuk menurunkan panas (antipiretik). 
  3. Tanaman bangle digunakan sebagai obat peluruh kentut (kaminatif).
  4. Tanaman bangle bermanfaat untuk obat peluruh dahak (ekspetoran), batuk berdahak.
  5. Tanaman bangle berkhasiat untuk membersihkan darah.
  6. Tanaman bangle digunakan untuk obat cacingan (vermifuge).
  7. Tanaman bangle sebagai obat sakit kepala.
  8. Tanaman bangle berguna sebagai obat penyakit perut nyeri,perut kembung.
  9. Tanaman bangle digunakan untuk obat sakit masuk angin.
  10. Tanaman bangle untuk menyembuhkan sakit rematik.
  11. Tanaman bangle bermanfaat sebagai jamu untuk ibu yang setelah melahirkan (mengecilkan perut).
  12. Tanaman bangle untuk menambah nafsu makan.
Catatan 

Konsumsilah herbal tanaman bangle ini dengan bijak dan sesuai takaran.

1 comments:

  1. Mencoba browsing mencari Info Agen Travel Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah atau Paket Backpaker Karimunjawa dengan pelayanan yang istimewa sementara menyiapkan Spesial Honeymoon Karimunjawa yang Romantis, mencari juga Tiket Kapal Karimunjawa untuk mengetahui update Jadwal Kapal Penyeberangan ke Pulau Karimunjawa, atau mencari Open Trip Karimunjawa biar rame dan lebih seru

    ReplyDelete