Home » » Manfaat dan Khasiat Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)

Manfaat dan Khasiat Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)

Manfaat dan Khasiat Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)
Tanaman Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)


Deskripsi Tanaman Baru Cina

Tanaman baru cina adalah tanaman semak yang sering kita temui disekitar kita. Tanaman baru cina ini mempunyai nama latin Artemisia Vulgaris L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman baru cina ini mempunyai nama Mugwort atau Common Wormwood. Ciri-ciri tanaman baru cina ini memiliki bunga yang kecil berbentuk bulat berwarna keputihan dengan batang tanaman berwarna coklat kemerahan. Fungsi dan kegunaan tanaman baru cina bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai tanaman liar dan gulma. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman baru cina ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Baru Cina

Sunda : Daun Manis, Brobos, Krebo, Beunghar Kucicing, Jukut Lokot Mala,
Jawa : Suket Gajahan
Sumatra : Baru Cina
Maluku  : Kolo, Goro-goro Cina
Melayu : Baru Cina, Daun Sundalama, Daun Manis, Cam Cao

Klasifikasi Tanaman Baru Cina

Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Artemisia
Spesies : Artemisia Vulgaris L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Baru Cina

Tanaman baru cina adalah salah satu jenis tanaman dari suku tanaman berbunga (Asteraceae). Tanaman baru cina ini memiliki percabangan banyak, beralur, terdapat bulu halus di batang tanaman, dan ukuran tanaman baru cina ini dapat mencapai tinggi 1 m, batang berwarna merah kecokltan.Daun tanaman baru cina berbentuk bulat seperti telur, tepi daun terbagi, atau menjari.  Tanaman baru cina  daun meruncing pada ujungnya, bagian atas dan bawah daun terdapat bulu halus,  dan berwarna hijau. Daun tanaman baru cina tumbuh berseling diantara batang tanaman. Tanaman baru cina berbunga majemuk dengan ukuran bunga yang tergolong kecil. Bunga tanaman baru cina berbentuk bonggol yang tersusun dalam rangkaian berbentuk melalai, berwarna putih kekuningan. Bunga tanaman baru cina muncul pada bagian atas tangkai daun dan ujung tangkai tanaman. Buah tanaman baru cina berbentuk seperti jarum, berukuran kecil, dan berwarna kecokltan  Akar tanaman baru cina tunggang berwarna kuning kecoklatan. Tanaman baru cina berkembang biak menggunakan biji. Tanaman baru cina tumbuh baik pada tanah yang memiliki unsur kandungan nitrogen yang diatas rata-rata. Habitat tanaman baru cina berada pada wilayah yang memiliki iklim sedang.

Bagian Tanaman Baru Cina Yang Digunakan

Seluruh bagian tanaman.

Kandungan Tanaman Baru Cina

Tanaman baru cina mengandung phellandrene, candinene, alkohol, alfa-aamrin, fernenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen -4 -ol, beta karyophyllene, 1- quebrachitol, inulin (atemose), oxytocin, yomogi, dan rindetin.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Baru Cina Untuk Kesehatan
  1. Tanaman baru cina untuk mengobati diuretikum.
  2. Tanaman baru cina berguna untuk melancarkan peredaran darah.
  3. Tanaman baru cina untuk menghilangkan rasa dingin. 
  4. Tanaman baru cina digunakan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan (hemostastik).
  5. Tanaman baru cina bermanfaat untuk mencegah keguguran, sulit mendapat keturunan, mempermudah persalinan.
  6. Tanaman baru cina berkhasiat sebagai obat untuk mengatur menstruasi, haid berlebihan, dan keputihan.
  7. Tanaman baru cina untuk mengobati sakit mimisan (epistatis), muntah darah (hematemisis), dan pendarahan usus.
Catatan 

Tanaman baru cina memiliki efek samping rebusan daunnya menyebabkan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret, dan pusing pada beberapa orang yang mengokonsumsinya.

0 comments:

Post a Comment