Home » , » Manfaat dan Khasiat Tanaman Rambutan (Nephelium Lappaceum L)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Rambutan (Nephelium Lappaceum L)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Rambutan (Nephelium Lappaceum L)
Tanaman Rambutan (Nephelium Lappaceum L)






Deskripsi Tanaman Rambutan

Tanaman rambutan adalah tanaman buah yang hidup pada daerah tropis. Tanaman rambutan ini biasanya di tanam di halaman depan dan pekarangan rumah karena tanaman rambutan ini termasuk pohon yang berkayu besar namun terkadang juga tanaman rambutan ini ditanam dipot sebagai tanaman tabulang pot. Nama latin tanaman rambutan adalah Nephelium Lappaceum L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman rambutan mempunyai sebutan rambutan sama dengan nama dalam bahasa Indonesia. Tanaman rambutan berasal dari Asia Tenggara. Tanaman Rambutan ini juga terdapat di beberapa daerah yang beriklim tropis seperti Afrika, Karibia , Amerika Tengah, India,  dan Sri Lanka. Ciri-ciri tanaman rambutan ini mempunyai buah yang bulat telur, berserabut mirip dengan rambut dan berwarna kuning  kemerahan. Fungsi dan kegunaan tanaman rambutan ini sebagai tanaman buah untuk dikonsumsi. Namun ternyata tanaman rambutan ini memiliki manfaat dan khasiat yang penting untuk tubuh guna mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh


Klasifikasi Tanaman Rambutan

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Nephelium
Spesies: Nephelium Lappaceum L.
 
Nama Daerah Tanaman Rambutan
  • Jawa : Rambutan, Corogol, Tundun, Bunglon, Buwa Buwulan
  • Sumatra : Rambutan, Rambot, Rambut, Rambuteun, Rambuta, Jailan, Folui, Bailabit, Puru Biancak, Hahujam, Kakapas, Likis, Takujung Alu.
  • Nusa Tenggara : Buluan, Rambuta.
  • Kalimantan : Rambutam, Siban, Banamon, Beriti, Sanggalaong, Sangalong, Beliti, Maliti, Kayokan, Bengayau, Puson.
  • Sulawesi : Rambutan, Rambuta, Rambusa, Barangkasa, Bolangat, Balatu, Balatung, Walatu, Wayatu, Wilatu, Wulungas, Lelamu, Lelamun, Toelang.
  • Maluku : Rambutan, Rambuta.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Rambutan

Tanaman rambutan merupakan tanaman buah tropis yang termasuk dari salah satu jenis dari keluarga tanaman Sapindacea. Tanaman rambutan habitat di daerah tropis. Tanaman rambutan ini hidup pada daerah dataran rendah yang bersuhu rata-rata 25ÂșC sampai dengan ketinggian 300-500 meter di atas permukaan laut dengan sinar matahari yang banyak dan curah hujan yang sedang. Tanaman rambutan pohonnya mempuyai ketinggian 25-25 m dan mempunyai banyak cabang. Daun tanaman rambutan majemuk menyerip mempunyai letak yang berseling dengan jumlah anak daun 2- 4 pasang. Helaian daun tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong dengan ukuran panjang 7,25-20 cm dan lebar 3-8 c. Ujung daun tanaman rambutan runcing dengan tepi yang rata, tulang daun tanaman rambutan menyirip, dengan tangkai silindris dan berwarna hijau. Bunga tanaman rambutan tersusun pada tandan diujung ranting, mempunyai bau yang wangi dengan ukuran yang kecil-kecil berwarna hijau muda. Tanaman rambutan mempunyai bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu pohon. Buah tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong seperti telur, berambut dan berwarna kuning kemerahan. Di dalam buah tanaman rambutan mempunyai daging buah yang berwarna putih bertekstur kenyal, berair, mempunyai rasa manis sedikit asam. Daging buah tanaman rambutan menempel pada biji dan transparan. Biji tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong dengan tekstur yang mirip retak-retak seperti kulit kayu dan berwarna berwarna putih kecoklatan. Tanaman rambutan berkembang biak dengan cara persemaian biji dan stek batang.

Bagian Tanaman Rambutan Yang Digunakan :

Daun, Kulit buah, Kulit kayu, biji, akar.

Kandungan Kimia Tanaman Rambutan

Tanaman rambutan pada bagian buah mengandung karbonhidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Pada biji tanaman rambutan mengandung lemak dan polifenol.  Daun tanaman rambutan mengandung tanin dan saponin. Kulit batang tanaman rambutan mengandung tanin, saponin, flavonoida, pectic substances, dan zat besi.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Rambutan Bagi Kesehatan

Tanaman rambutan berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah (hipoglikemik).
Tanaman rambutan digunakan untuk mengobati penyakit disentri.
Tanaman rambutan berkhasiat untuk mengobati penyakit demam.
Tanaman rambutan bermanfaat untuk mengobati penyakit sariawan.
Tanaman rambutan untuk menyembuhkan penyakit diare.
Tanaman rambutan digunakan untuk menurunkan panas.
Tanaman rambutan berguna untuk menyembuhkan penyakit kecing manis (diabetes melitus).
Tanaman rambutan digunakan untuk menghitamkan rambut.

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman rambutan ini dengan bijak dan sesuai takaran.

0 comments:

Post a Comment