Home » » Manfaat dan Khasiat Bidara Laut (Ximenia Americana L.)

Manfaat dan Khasiat Bidara Laut (Ximenia Americana L.)

Manfaat dan Khasiat Bidara Laut (Ximenia Americana L.)
Tanaman Bidara Laut (Ximenia Americana L.)


Deskripsi Tanaman Bidara Laut

Bidara laut adalah tanaman semak perdu yang hidup berada di sekitar laut. Tanaman bidara laut ini mempunyai nama latin Ximenia Americana L. Sedangkan dalam dalama bahasa inggris tanaman bidara laut ini mempunyai nama Tallow Wood. Tanaman bidara laut ini tersebar pada daerah sub tropis dan tropis. Ciri-ciri tanaman bidara laut ini mempunyai daun yang berbentuk bulat lonjong dan buah berbentuk bulat berwarna merah. Buah tanaman bidara ini mempunyai rasa masam. Kegunaan dan fungsi tanaman bidara laut bagi sebagaian orang diangap sebagai tanaman liar. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman bidara laut ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Bidara Laut

Jawa : Widara Laut
Sumatra : Bidaro
Maluku : Warna-warna

Klasifikasi Tanaman Bidara Laut

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Santales
Famili: Olacaceae
Genus: Ximenia
Spesies: Ximenia americana L. 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bidara Laut

Bidara laut merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari suku tanaman Olacaceae. Tanaman bidara laut ini termasuk tanaman semak perdu dengan tinggi tanaman dapat mencapai 4 m. Batang tanaman bidara ini kecil, berliku, percabanagan meranggas dan berkayu keras. Daun tanaman tanaman bidara laut berbentuk bulat lonjong, agak tebal dan berwarna hijau. Buah tanaman bidara laut berbentuk agak bulat ketika muda berwarna hijau sedangkan pada buah yang sudah tua akan berwarna kemerahan. Biji tanaman bidara laut bulat lonjong berwarna orange kecoklatan. Budidaya tanaman bidara laut ini cara berkembang biaknya menggunkan biji. Habitat tanaman bidara laut ini berada pada dataran rendah di sekitar pantai  tepi laut, pada savana kering, pinggir hutan atau hutan hujan yang renggang. Cara tanam bidara laut ini menggunakan tanah berbatu atau berpasir dengan syarat hidup sedikit air dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Bidara Laut Yang Digunakan

Biji dan Akar

Kandungan Tanaman Bidara Laut

Tanaman bidara laut mengandung tanin,  asam hidrosanik, minyak esensial, oleic, linoleic, linolenat, arakidonat, eicosatrienoic, erusat, asam nervonic, benzaldehida, sianida hydroxybenzyl dan isoforon.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bidara Laut Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bidara laut digunakan untuk pencahar.
  2. Tanaman bidara laut berguna untuk menyembuhkan sakit perut.

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman bidara laut ini dengan bijak dan sesuai takaran.

0 comments:

Post a Comment