Home » » Manfaat dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)

Manfaat dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)

Manfaat dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)
Tanaman Bengang ( Neesia Altissima Bl.)


Deskripsi Tanaman Bengang

Tanaman bengang adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman bengang ini dapat ditemukan pada wilayah Jawa, Sumatra, Malaysia dan Kalimantan. Nama latin tanaman bengang adalah  Neesia Altissima Bl.  Ciri-ciri tanaman bengang ini buahnya mirip buah durian namun berbentuk agak kotak dan sedikit kehitaman. Fungsi dan kegunaan tanaman bengang bagi sebagian orang dianggap sebagai tamanan liar namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman bengang ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Bengang

Jawa : Ki Bengang
Indonesia : Bengang, Buah Bengang

Klasifikasi Tanaman Bengang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Bombacaceae
Genus: Neesia
Spesies: Neesia altissima (Bl.) Bl.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bengang

Tanaman bengang merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Bombacacea. Tanaman bengang ini pohonnya besar dengan ukuran tinggi sampai 40 m dan berdiameter 40 cm. Tanaman bengang memiliki batang yang berbentuk bulat dengan kulit batang  yang berwarna coklat keabu-abuan, bertekstur retak sampai agak beralur, biasanya mengelupas dalam kepingan-kepingan. Tajuk tanaman bengang ini lebat berbentuk silinder, dan bulat di ujungnya. Tanaman bengang berdaun tunggal, tebal, berbentuk bulat terbalik sampai bulat lonjong memannjang, dengan ujung tanaman rata atau berlekuk, permukaan bawah tanaman bengang biasanya berbulu, namun akan  berbulu lebat bila masih muda. Urat daun tanaman bengang menonjol pada permukaan bawah daun, tangkai daun tanaman bengang panjang melebar pada ujungnya yang dekat dengan lembar daun. Bunga tanaman bengang memiliki ukuran yang agak besar berwarna merah jambu sampai putih. Tanaman bengang bunganya muncul  berkelompok pada ranting dan ketiak daun.  Buah tanaman bengang mempunyai ukuran yang cukup besar berwarna hitam berbentuk agak kotak. Ketika sudah matang dan keringang akan pecah. Buah tanaman bengang memiliki duri pendek dan  tajam. Pada  bagian dalam tanaman bengang berbulu keemasan, bila terkena kulit akan terasa gatal. Biji tanaman bengang berbentuk bulat agak lonjong, berwarna kecoklatan. Tanaman bengang dapat dijumpai di hutan hujan primer yang lembab. Habitat tamanan pada daerah yang mempunyai ketinggian  50-1.300 m dpl. Tanaman bengang berkembang biak dengan cara menggunakan biji dan stek batang.

Bagian Tanaman Bengang Yang Digunakan

Buah dan Daun.

Kandungan Tanaman Bengang

Belum diketahui.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bengang Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bengang untuk mengobati kencing nanah (Gonore).
  2. Tanaman bengang berguna sebagai pencahar.
  3. Tanaman bengang digunakan untuk mengobati sakit diare.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman bengang ini dengan bijak dan sesuai takaran.  Cara mengkonsumsi buah dan daun tanaman bengang : Hilangkan bulu yang ada pada bagian yang akan digunakan kemudian daun dan buahnya di haluskan kemudian disangrai atau di bakar lalu dicampurkan air.

0 comments:

Post a Comment