Home » , » Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)
 Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)

 

Deskripsi Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa adalah tanaman hias yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman akar binasa ini dapat jumpai pada daerah tepi hutan dan halaman depan rumah. Nama latin tanaman akar binasa adalah Plumbago Indica linn. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman akar binasa mempunyai nama Indian Leadwort, Scarlet leadwort dan Whorled Plantain. Menurut sejarah tanaman akar binasa berasal dari daratan Asia. Tanaman akar binasa tersebar dari Afrika menuju India, Indo-China, dan Asia Tenggara. Ciri-ciri tanaman akar binasa ini mempunyai ukuran tanaman yang kecil dengan bunga yang berwarna merah. Fungsi dan kegunaan tanaman akar binasa bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga yang indah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman akar binasa  ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Akar Binasa

Indoenesia : Ceraka Merah, Akar Binasa, Mehulatu

Klasifikasi Tanaman Akar Binasa

Kerajaan : Planteae
Ordo:Caryophyllales
Famili:Plumbaginaceae
Genus:Plumbago
Spesies:Plumbago indica linn

Anatomi Dan Morfologi Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Plumbaginaceae).  Tanaman akar binasa ini termasuk tanaman perenial atau bisa juga dikatakan tanaman semak belukar yang hidup secara liar dengan ukuran 0,6-1,6 m. Tanaman akar binasa ini berbatang tegak lurus tetapi tidak begitu kuat sehingga diperlukan penyangga ketika batangya tumbuh. Tanaman akar binasa mempunyai daun tunggal,  berselang-seling, dan bertangkai pendek. Helaian daun tanaman akar binasa ini berbentuk membulat lancip, dengan ukuran daun  5–15 cm X 2–8 cm. Bunga tanaman akar binasa ini berwarna merah dan mempunyai kelopak bunga yang berjumlah 5. Bunga tanaman akar binasa ini berjenis kelamin uniseksual dengan panjang tangkai 0,1 mm. Tanaman akar binasa kelopak bungnya bertekstur lembut seperti bulu, dan mirip telinga dengan ukuran 2,5-4,5 cm. Tanaman akar binasa batang akarnya berbau harum berserabut dan berwarna kemerahan. Tanaman akar binasa berbunga sepanjang tahun. Cara bertanam tanaman akar binasa ini dengan cara stek. Habitat tanaman akar binasa ini berada pada ketinggian 1-1.000 mdpl dengan suhu udara rata-rata 25-35° C serta curah hujan dan cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Akar Binasa Yang Digunakan

Akar, getah akar, dan Daun

Kandungan Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa mengandung plumbangin, leukodelfinidin, steroid, plumbagol, dan zat samak.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa Untuk Kesehatan
  1. Tanaman akar binasa untuk perangsang kulit
  2. Tanaman akar binasa digunakan untuk mencegah kelumpuhan
  3. Tanaman akar binasa berguna sebagai anti mikroba.
  4. Tanaman akar binasa bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.
  5. Tanaman akar binasa berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik dan sakit kepala.
  6. Tanaman akar binasa berguna sebagai obat diuretik.
Catatan 

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi tanaman akar binasa karena dalam tumbuhan ini mempunyai zat untuk melepuhkan kulit maka diperlukan penanganan khusus dalam mengkonsumsinya.

0 comments:

Post a Comment