Home » » Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)

Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)

Foto atau gambar Daun Gatal (Laportea Decumana)
Tanaman Daun Gatal (Laportea Decumana)

Deskripsi Daun Gatal

Daun gatal adalah tanaman semak menahun yang sering kita jumpai berada disekitar hutan. Tanaman daun gatal ini biasanaya hidup didaerah hutan basah dan tempat lainnya. Nama latin daun gatal adalah Laportea Decumana. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman gaun gatal ini memiliki nama stinging tree dan ant plants. Tanaman daun gatal ini merupakan tanaman asli dari Papua. Persebaran tanaman daun gatal dari Asia Tenggara - Indonesia dari Kalimantan bagian selatan timur sampai New Guinea. Ciri-ciri daun gatal ini mempunyai daun yang permukaan terdapat bulu-bulu halus dengan ukuran tanaman yang tidak terlalu besar. Fungsi dan kegunaan daun gatal bagi sebagian masyakat digunakan sebagai obat untuk pegal-pegal. Namun yang jarang kita tahu ternyata tanaman daun gatal ini memiliki manfaat lebih dari pada obat pegal-pegal yaitu dalam penyembuhan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Daun Gatal

salat,nik, nondi, gofe, pisi, nunt, nontz, nakau

Klasifikasi Daun Gatal

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Urticaceae
Genus: Laportea
Spesies: Laportea decumana (Roxb.) Wedd.

Anatomi dan Morfologi Daun Gatal


Tanaman daun gatal merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari keluarga tanaman jelatang-jelatangan. Tanaman daun gatal ini termasuk tanaman semak menahun atau parennial yang mana tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai 2 m. Daun gatal memiliki batang yang banyak dan lunak, rapuh, bercabang dengan baik  dan memiliki senjata berupa rambut panjang dan kaku yang tersusun rapat dan iritan. Tanaman daun gatal ini memiliki bentuk elips dengan ujung daun lancip dan bagian bawah daun tumpul dengan tekstur yang kasar dan memiliki bulu yang halus.  Bunga jantan daun gatal  mempunyai empat benang sari, empat tepalsdan buah yang achene. Biji tanaman daun gatal ini kecil berwarna hitam. Akar tanaman daun gatal ini akar tunggang. Budidaya tanaman daun gatal dengan cara semai biji. Habitat tanaman daun gatal berada  hutan dan semak belukar di dataran rendah pada ketinggian rendah, menyukai tempat teduh dan sering ditemukan di tanah yang basah dan kering.


Bagian Daun Gatal Yang Digunakan

Daun

Kandungan Daun Gatal

Daun gatal mengandung onoridin, tryptophan, histidine, alkaloid, flavonoid, asam formiat dan authraguinones.

Manfaat dan Khasiat Daun Gatal Bagi Kesehatan

  1. Daun muda daun gatal segar dimakan dengan ubi jalar atau talas sebagai obat untuk sakit usus.
  2. Daun gatal pada bagian daunnya digosok atau dibelai dengan lembut di berbagai bagian tubuh untuk mengatasi demam, nyeri pada tubuh, kelelahan, sakit perut dan sakit kepala.

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman daun gatal ini dengan bijak dan sesuai takaran.

4 comments:

  1. banyak banget di pegunungan daerahku,,,ternyata ada manfaatnya juga,,makasih om artikelnya oven gas

    ReplyDelete
  2. Penulisnya siapa, sumbernya mana

    ReplyDelete
  3. Papua adalah salah satu pulau mulai dari pesisir, perairan, lembah, rawa,hingga pegunungan telah ditemukan daun gatal tersebut.
    Manfaatnya/khasiatnya sangat banyak terganntung pengalaman yang dipergunakan oleh orang-orang tua hingga sampai saat ini (modern).
    Sementara lagi membahas untuk dipublikasikan.

    ReplyDelete
  4. Kalau ingin dapatkan bibit/batang daun gatal bagaimana caranya.?
    Sy cari dari keliling hingga online tidak menemukan...

    ReplyDelete