Home » » Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

gambar tanaman Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn) 2

Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

ravenala madagascariensis sonn
Tanaman Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)



Deskripsi  Tanaman Pisang Kipas

Tanaman pisang kipas adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman pisang kipas ini biasanya ditemukan di halaman depan rumah, pekarangan dan tempat lainnya. Nama latin tanaman pisang kipas adalah Ravenala Madagascariensis Sonn. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman pisang kipas ini memiliki nama  Traveler's Tree. Nama ilmiah Ravenala berasal dari Malagasi ravinala yang berarti "daun hutan". Menurut sejarah asal usul tanaman pisang kipas diperkirakan dari daerah Madagaskar. Persebaran tanaman pisang kipas ini tersebar Madagaskar - Afrika dan di seluruh daerah tropis. Ciri-ciri tanaman pisang kipas ini memiliki daun  tersusun rapi yang mana mirip dengan kipas. Fungsi dan kegunaan tanaman pisang kipas ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman ornamen pada taman atau tanaman hias. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman pisang kipas ini juga memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Pisang Kipas

Indonesia : Pisang Kipas
Perancis : Arbre du voyageur 
Polandia : Palmeira do viajante 
Spanyol : Árbol del viajero 

Klasifikasi Tanaman Pisang Kipas

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Musaceae
Genus: Revenala
Spesies: Revenala madagascariensis Sonn

Anatomi dan Morfologi Tanaman Pisang Kipas

Tanaman pisang kipas merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman pisang-pisangan (Musaceae). Tanaman pisang kipas ini tanaman hijau abadi (evergreen). Bentuk tanaman pisang kipas ini mirip tanaman palem. Tanaman ini memiliki daun yang terbuka, berbentuk seperti kipas; biasanya tumbuh 9-30 m. Batang tanaman pisang kipas berbentuk silindris bisa soliter, atau bercabang di pangkalan. Tanaman pisang kipas ini menghasilkan daun besar seperti pisang yang masing-masing dapat memiliki panjang 2,5 - 4 meter dan lebar 80 - 150 cm di atas tangkai tangkai yang panjangnya 3-6 meter. Tanaman pisang kipas daunnya tersusun dalam bentuk kipas berjumlah 20 atau lebih daun.  Bunga tanaman pisang kipas berukuran kecil dengan warna putih pucat berbentuk seperti kapal, berukuran sekitar 30 cm. Buah tanaman pisang kipas berwarna coklat, berkayu, berbentuk kapsul 3 lobed. Bijinya banyak, berwarna hitam, tertutup tipis dengan warna biru mengkilap dan berbulu. Cara berkembang biak tanaman pisang kipas ini dengan semai biji dan bisa juga lewat tunasnya.

Bagian Tanaman Pisang Kipas Yang Digunakan

Biji

Kandungan Tanaman Pisang Kipas

Biji tanaman pisang kipas mengadung asam lemak, asam oleat dan asam palmitat ). Analisis fraksi sterol minyak biji mengungkapkan 7 sterol, terutama β-sitosterol, sedangkan 12 sterol telah diisolasi dari minyak arils, terutama stigmasterol (, 24-methyl-5α-cholest-7- en-3-β-ol, α-spinasterol  dan Δ-7-avenasterol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Pisang Kipas Untuk Kesehatan

  1. Biji tanaman pisang kipas dapat dimakan.
  2. Minyak biji pisang kipas terkadang digunakan untuk memasak.
  3. Minyak yang berasal dari biji tanaman pisang kipas digunakan sebagai obat antiseptik.
Catatan

Konsumsilah herba tanaman pisang kipas ini dengan bijak dan sesuai takaran. Ibu hamil dan menyusui tidak dianjukan untuk mengkonsumsi herba tanaman ini.

0 comments:

Post a Comment