Home » , , » Manfaat Buah Manggis dan Pengolahannya untuk kesehatan

Manfaat Buah Manggis dan Pengolahannya untuk kesehatan



Dikalangan masyarakat kulit buah manggis sudah dikenal memiliki banyak khasiat dan telah cukup terbukti kehasiatannya.
Tidak heran jika banyak orang yang mencari kulit manggis untuk digunakan sebagai obat alami.Yang luarbiasa. Kulit manggis ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jatung.

Berikut ini ada 35 manfaat kulit manggis untuk kesehatan :

1.            Memperkuat sistem kekebalan.
2.            Mengatasi sesak nafas.
3.            Mengatasi keracunan makanan.
4.            Menurunkan tekanan darah tinggi.
5.            Mengurangi resistensi insulin.
6.            Membantu mencegah batu ginjal.
7.            Menyembuhkan peradangan.
8.            Memperlambat proses penuaan.
9.            Membantu menghentikan diare.
10.          Alat bantu sistem getah bening.
11.          Memperbaiki komunikasi antar sel.
12.          Mengurangi sakit gigi.
13.          Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
14.          Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
15.          Mengagalkan kerusakan DNA.
16.          Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
17.          Membantu meringankan penyakit asma.
18.          Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
19.          Dapat mencegah kanker.
20.          Membantu mencegah disentri.
21.          Membantu penurunan berat badan.
22.          Memberantas penyakit TBC.
23.          Menurunkan kolesterol LDL.
24.          Memperkuat pembuluh darah.
25.          Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah).
26.          Membantu mencegah penyakit jantung.
27.          Membantu menyembuhkan borok/bisul.
28.          Menyembuhkan luka tenggorakan.
29.          Membantu menyembuhkan sariawan.
30.          Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
31.          Sebagai obat pencuci perut yang lembut.
32.          Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
33.          Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
34.          Mencegah gejala yang berhubungan dengan penyakit lupus.
35.          Meredakan sakit akibat radang sendi.

Dari 35 manfaat yang disebutkan ditas, masih banyak khasiat dan manfaat kulit manggis.  Untuk mendapatkannya anda dapat membuat juice untuk dikonsumsi.

  1. Keroklah 1-3 kulit manggis dengan sendok pada bagian dalamnya kemudian di jus.  Untuk menambah manis anda bisa menambah gula jawa/merah, gula aren atau pun madu. Semakin banyak anda menggunakan kulit buah manggis maka rasanya akan semakin pekat sepatnya. Namun jika terkena bagian getah atau berwarna hitam maka akan terasa pahit.
  2. Rebus kulit manggis, air rebusan tadi akan digunakan sebagi pembuat jus. Jika anda tidak ingin rasa manggi terasa pekat, maka anda bisa merebusnya kemudian air  rebusan tadi dapat digunakan untuk jus. Caranya rebuslah dengan 6 gelas air kulit buah manggis sebanyak 3-5 tunggu hingga menjadi 3 gelas. Nah air rebisa tadi bisa anda buat jus dengan buah lain, atau bisa anda minum sebagai wedang saja. Dan jika masih ada sisa, anda bisa menyimpannya di kulkas untuk dikonsumsi hari berikutnya. Untuk resep pengobatan anda bisa mengkonsumsi 2-3 kali sehari, dan ditambah dengan madu.
  3. Dengan cara direbus dan dikeringkan. Carai ini merupakan antisipasi untuk menanggulangi  kulit manggis jika tidak pada musimnya, dengan hal  itu buah manggisdiiris-iris lalu dijemur dan dikeringkan. Anda harus benar2 memastikan apakah kulit manggis itu benar2 kering, karena pada musim hujan biasanya memakan waktu lama dalam pengeringan dan tingakat kelembaban berbeda dengan musim kemarau, selain itu anda bisa mewaspadai tumbuhnya jamur pada kulit manggis karena tingkat kelembaban yang berbeda tadi. Jika sudah benar-benar kering maka simpanlah di tempat kering agar tahan lama. Untuk membuat jus, anda ambil saja 1 genggam kulit manggis yang sudah kering tadi kemudian rebis. Nah airnya bisa anda jadikan air jus untuk buah lain.
  4. Dengan cara di tumbuk dan dikeringkan, cara ini juga untuk kengantisipasi untuk emnnggulangi kehabisan buah manggis jika tidak pada musimnya. Bedanya cara ini ketika sudah dikeringkan kemudian ditumbuk  untuk untuk menjadi serbuk. Serbuk kulit manggis ini yang nantinya dapat digunakan untuk nge jus yang tentunya dengan buah lain. Anda dapat memilih buah yang anda sukai. Tidak menjadi patokan harus dengan buah tertentu, kecuali jika anda memiliki penyakit tertentu yang mengharuskan menghindari atau pantangan pada buah tertentu
  5. Dengan cara buah manggis dan kulitnya di jus. Hal ini marupakan cara yang terakhir dimana kita tidak hanya memanfaatkan kulitnya saja, namun buahnya pun kita ikutkan untuk di jus. Caranya, ambillah manggis 1-2 buah  yang telah di cuci, kemudian di belah, masukkan keseluruhan buah manggis (kulit dan bijinya), untuk kulit manggis sebaiknya di iris-iris terlebih dahulu supaya ketika diblender lebih mudah. Tambahkan gula aren atau madu secukupnya. Segeralah di minum, karena jika terlalu lama, maka warna akan berubah menghitam dan mengental pada bagian atas, namun tidak menjadi masalah, tetap bisa diminum

1 comments:

  1. Selain berkhasiat, Manggis juga rasanya lezat lhooooo...

    ReplyDelete