Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)

Gambar Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)
Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)


Deskripsi Tanaman Lampes

Tanaman lampes adalah tanaman semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman lampes ini dapat dijumpai pada daerah tepi hutan, ladang, dan tepi sawah. Nama latin tanaman lampes adalah Ocimun Sanctum L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tananaman lampes memiliki nama Holy Basil, Tulasi, dan Tulsi. Menurut sejarah asal tanaman lampes ini berasal dari daerah tropis Asia Barat. Persebaran tanaman lampes ini dari daerah India, Indonesia, Thailand, Asia Barat, Australia, Semenanjung Arab, Kepulauan Melayu, Malaysia dan Kepulauan Pasifik Ciri-ciri tanaman lampes ini memiliki daun yang kecil mirip tanaman kemangi namun agak keunguan pada daun dan batangnya. Fungsi dan kegunaan tanaman lampes bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai tanaman liar atau gulma. Namun sering tidak kita ketahui ternyata tanaman obat lampes ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk  mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Lampes

Jawa Tengah : Lampes 
Sunda : Lampes
Madura : Kemanghi
Bali : Uku-uku
Ternate : Lufe-lufe 

Klasifikasi Tanaman Lampes

Kingdom: Plantae
Order: Lamiales
Family: Lamiaceae
Genus: Ocimum
Species: O. tenuiflorum
Binomial name: Ocimum tenuiflorum atau Ocimum sanctum L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Lampes

Tanaman lampes merupakan salah satu jenis dari keluarga tanaman berbunga (Lamiaceae). Tanaman lampes ini termasuk tanaman semak tahunan berdiri tegak, bercabang banyak dengan ukuran tanaman sekitar  30-60 cm, Batang tanaman lampes ini berwarna hijau atau ungu, berbulu pada ujung batangnya. Daun tanaman lampes berbentuk bulat lonjong bergerigi berwarna hijau keunguan dengan ukuran sekitar 2-5 cm, pertulangan daun menyirip. Daun tanaman lampes ini mempunyai bau yang sangat wangi. Daun tanaman lampes ini memiliki tangkai daun. Akar tanaman lampes ini berakar tunggang dan serabut berwarna coklat keputihan. Bunga tanaman lampes ini bunganya majemuk malai berwarna putih keunguan  bertandan memanjang. Bunga tanaman lampes biasanya akan muncul dari Juni hingga Agustus. Biji tanaman lampes ini berbentuk bulat kecil seperti biji tanaman kemanggi. Budidaya tanaman lampes ini berkembangbiak dengan cara biji. Habitat tanaman lampes berada pada daerah yang tenaungi lembab sedikit sinar matahari 0 sampai ketinggian 600 m dpl.

Bagian Tanaman Lampes Yang Digunakan

Daun, dan Biji.

Kandungan Tanaman Lampes

Tanaman lampes mengandung minyak asiri, saponin, eugenol, euginal, asam urosolic, carvacrol,  linalool, limatrol, caryophyllene, metil carvico, methoxybenzene, sitosterol,  xylose dan polisakarida  flavonoid, dan polifenol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes Untuk Tubuh
  1. Tanaman lampes bermanfaat untuk sakit diabetes atau kencing manis.
  2. Tanaman lampes berkhasiat sebagai obat batuk.
  3. Tanaman lampes digunakan untuk menghilangkan bau badan.
  4. Tanaman lampes berguna untuk obat sariawan.
  5. Tanaman lampes untuk melancarkan pernapasan.
  6. Tanaman lampes sebagai obat anti bakteri e coli
  7. Tanaman lampes berguna untuk menurunkan kolestrol.
  8. Tanaman lampes berkhasiat sebagai antioksidan.
  9. Tanaman lampes sebagai obat penyakit kanker.

Catatan 

Konsumsilah tanaman lampes ini dengan bijak dan sesuai takaran

0 comments:

Post a Comment