Home » » Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)

Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)


Gambar atau foto Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)
Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)

Gambar atau foto Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)
Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)



Deskripsi Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman gaharu biasanya tumbuh secara liar dihutan-hutan. Didunia ada sekitar 15 jenis tanaman gaharu. Nama latin tanaman gaharu adalah Aquilaria filaria (Oken) Merr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman gaharu memiliki nama lign aloes atau lign aloes trees. Menurut sejarah asal usul tanaman gaharu berasal dari Asia Tenggara.Persebaran tanaman gaharu dari daerah Asia Tenggara - Indonesia, Filipina, New Guinea. Beberapa jenis tanaman gaharu masuk dalam apendix II yang mana perdagangan tanaman gaharu ini dibatasi. Ciri-ciri fisik tanaman gaharu memiliki daun yang berbentuk lonjong dengan batang yang berbau harum. Fungsi dan kegunaan tanaman gaharu dijadikan bahan pembuatan parfum. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman gaharu ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Gaharu

Indonesia : Gaharu

Klasifikasi Tanaman Gaharu

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Thymelaeaceae
Genus: Aquilaria
Spesies: Aquilaria filaria (Oken) Merr

Anatomi dan Morfologi Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman gaharu-gaharuan (Thymelaeaceae). Tanaman gaharu ini tanaman pohon yang ukurannya dapat mencapai 17 m. Batang tanaman gaharu berwarna coklat, diameter batangnya dapat mencapai 50 cm, dimana dalam pembentukan gaharu ini ketika adanya luka pada bagian batang kemudian mikroba menginfeksi tanaman gaharu apabila luka yang ada pada batang tanaman dimenangkan oleh sistem pertahanan dari tanaman gaharu maka batang tanaman tersebut menjadi gaharu dan batangnya akan sangat bernilai ekonomis karena memiliki bau yang harum dan apabila dimenangkan oleh mikroba maka tanaman tersebut tidak mengandung  fitoaleksin atau resin tanaman gaharu. Daun tanaman gaharu berbentuk lonjong dengan tepi daun yang rata berwarna hijau terang, berukuran panjang 5-11 cm dan lebar 2-4 cm. Bunga tanaman gaharu berwarna hijau kenuningan muncul pada batang tanaman. Buah tanaman gaharu berbentuk bulat lonjong berwarna hijau ketika masih muda dan akan berwarna kuning ketika sudah matang. Biji tanaman berbentuk lonjong berwarna coklat kehitaman bertektur keras berkayu. Budidaya tanaman gaharu ini menggunakan biji dan stek batang. Habitat tanaman gaharu berada pada hutan dataran rendah, kadang-kadang di hutan rawa terbuka, pada ketinggian hingga 130 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Gaharu Yang Digunakan

Batang, akar, dan daun

Kandungan Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu mengandung minyak essensia, senyawa fitoaleksin, guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Gaharu Bagi Kesehatan
  1. Getah tanaman gaharu dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksual (Afrodisiak ).
  2. Getah tanaman gaharu berguna sebagai obat mencegah atau mengurangi perut kembung (flatulen) dan dapat mengobati kolik.
  3. Getah tanaman gaharu berkhasiat sebagai obat penenang.
  4. Tanaman gaharu bermanfaat untuk pengobatan kanker.
  5. Tanaman gaharu sebagai obat untuk mengobati sakit diare.
  6. Tanaman gaharu untuk menyembuhkan sakit asma.
Catatan

Konsumsilah obat herbal tanaman gaharu ini dengan bijak dan sesuai takaran

0 comments:

Post a Comment