Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Gambar Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
 Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)


Deskripsi Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning adalah tanaman berkayu merambat yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman akar kuning ini biasanya dapat kita temui di tepi hutan, dekat sungai dan daerah yang berkapur.  Nama latin tanaman akar kuning adalah Arcangelisia Flava Merr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman akar kuning memiliki nama Yellow Fruited Moonseed. Menurut sejarah asalnya tanaman akar kuning ini berasal dari China. Persebaran tanaman akar kuning dari daerah Hainan (China), Indo-China, selatan semenanjung Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Filipina, Sulawesi, Maluku utara ke New Guinea. Ciri-ciri tanaman akar kuning ini memiliki daun yang berbentuk bulat berwarna hijau dan juga tanaman ini merambat pada tumbuhan lain. Fungsi dan kegunaan tanaman akar kuning bagi sebagian masyarakat bijinya digunakan untuk racun ikan. Namun yang jarang kita tahu ternyata tanaman obat akar kuning ini dapat digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Akar Kuning

Sunda : Ki Koneng
Jawa : Sirawan
Maluku : Daun Bulan
Malaysia: mengkunyit
Philippines: abutra (Ilokano, Bisaya), suma (Tagalog, Pampango)
Thailand: khamin khruea (Chanthaburi), kamphaeng jedchunum
Vietnam: vảy dắng.

Klasifikasi Tanaman Akar Kuning

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Magnoliidae
Ordo: Ranunculales
Famili: Menispermaceae
Genus: Arcangelisia
Spesies: Arcangelisia flava Merr

Anatomi dan Morfologi Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning merupakan salah jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Menispermaceae). Tanaman akar kuning termasuk tanaman liana (merambat) berkayu dengan ukuran tanaman dapat mencapai 20 m. Batanag tanaman akar kuning berkayu dengan ukuran diameter batang 5-10 cm. Bagian dalam batang kayu tanaman akar kuning berwarna kuning ketika kita membelah batangnya akan mengeluarkan getah berwarna kuning juga. Daun tanaman akar kuning ini berbentuk bulat lonjong dengan ukuran 10-25 cm x 5,5-19 cm. Pertulangan daun tanaman akar kuning menjari lima pada pangkalnya. Tangkai daun tanaman akar  kuning menggembung pada kedua pangkal daun, tidak berdaun penumpu. Bunga tanaman akar kuning ini malai muncul pada ketiak daun dan dibatang. Warna kelopak dan mahkota bunga tanaman akar kuning ini berwarna kuning. Akar tanaman akar kuning ini berakar tunggang dengan akar yang berwarna coklat. Buah tanaman akar kuning berbentuk bulat kotak dengan tiga rusuk, kulit buahnya berbulu berwarna hijau ketika masih muda dan akan berwarna coklat ketika sudah tua. Biji tanaman akar kuning tunggal berukuran kecil berwarna coklat. Budidaya tanaman akar kuning ini berkembangbiaknya dengan cara biji. Habitat tanaman akar kuning ini berada pad daerah yang lembang dengan sedkit skinar matahari dengan elevansi tumbuh kurang dari 1000 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Akar Kuning Yang Digunakan

Kayu dan daun.

Kandungan Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning mengandung zat saponin, flavonoid, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning UntukTubuh
  1. Tanaman akar kuning untuk mengobati sakit kuning.
  2. Manfaat tanaman akar kuning  untuk menyembuhkan sakit malaria.
  3. Tanaman akar kuning berkhasiat sebagai obat penyakit rematik.
  4. Tanaman akar kuning berguna untuk obat penyakit gatal-gatal.
  5. Tanaman akar kuning digunakan sebagai obat penyakit penyakit perut seperti cacingan, gangguan pencernaan, keluhan usus.
  6. Khasiat tanaman akar kuning untuk mengobati sakit luka, borok dan iritasi kulit lainnya
  7. Tanaman akar kuning sebagai obat penyakit demam, penurun panas, ekspetoran atau obat batuk, dan sariwan.
  8. Tanaman akar kuning untuk menumbuhkan rambut atau tonik.
Catatan

Bagi wanita hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan herba tanaman ini. Untuk anak-anak dosis yang digunakan tidak boleh terlalu banyak.

1 comments: