Home » » Manfaat dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)

Manfaat dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)

Foto atau gambar Daun Encok ( Plumbago Zeylanica L)
Tanaman Daun Encok ( Plumbago Zeylanica L)


Deskripsi Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok adalah tanaman semak perdu yang dapat kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman daun encok ini biasanya ditanam di pekarangan, halaman depan rumah dan juga terkadang hidup secara liar hutan. Plumbago terdiri dari sekitar 25 spesies yang ada di seluruh dunia. Nama latin tanaman daun sendok adalah Plumbago Zeylanica L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman daun encok ini ialah  Ceylon leadwort, doctorbush dan wild leadwort. Menurut sejarah asal usul tanaman daun encok ini berasal dari Asia Tenggara. Persebaran tanaman daun encok tersebar luas di daerah tropis dan subtropis. Ciri-ciri fisik tanaman daun encok ini memiliki daun yang agak lemas sedikit mengkilap dengan bunga yang berwarna putih. Fungsi dan kegunaan tanaman daun encok ini berguna sebagai tanaman pagar hidup dan juga pakan ternak. Perlu kita ketahui ternyata tanaman daun encok ini dapat dijadikan sebagai obat herbal guna menyembuhkan macam-macam penyakit yang ada pada diri kita.

Nama Daerah Tanaman Daun Encok

Sunda : Ki Encok
Jawa : Bama, Godong Encok, Poksor

Klasifikasi Tanaman Daun Encok

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Hamamelidae
Ordo: Plumbaginales
Famili: Plumbaginaceae
Genus: Plumbago
Spesies: Plumbago zeylanica L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga (Plumbaginaceae). Tanaman daun encok ini semak perdu dengan ukuran yang dapat mencapai 3 m. Batang tanaman daun encok tegak bulat bertektur licin, beralur dengan percabangan banyak. Daun tanaman daun encok tunggal, posisinya berselang seling pada batangnya, berbentuk bulat telur melangset hingga menjorong lonjong dengan ukuran  2,5-13 cm × 1-6 cm, berwarna hijau. Tangkai daun tanaman daun encok berukuran 0-5 mm.  Pangkal daun tanaman encok membaji, ujung daun meruncing atau bertusuk atau gundul, sering dengan titik-titik putih berlilin pada bagian bawah daun, tepi daun beralur. Bunga tanaman daun encok bunga tandan, berwarna putih. Kelopak bunga tanaman daun encok berwarna hijau  gundul, dibungkus dalam kelenjar tangkai. Bunga tanaman daun encok ini berbunga sepanjang tahun. Buah tanaman daun encok berukuran kecil berbentuk bulat memanjang, ketika masih muda berwarna hijau dan ketika matang akan berwarna coklat. Biji tanaman daun encok tergolong kecil dengan ukuran 6 mm x 2 mm, berwarna coklat tua. Budidaya tanaman daun encok ini perkembangbiakannya dengan cara biji, dan diperbayak dengan tunas yang berakar dari dasar tanaman atau dengan stek. Habitat tanaman daun encok berada pada hutan gugur, savana dan semak belukar, sering dekat sungai dengan syarat hidup dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 2000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Daun Encok Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok mengandung plumbagin, 3-3-biplumbagin, 3-kloroplum-bagin, khitranon (3-6-biplumbagin), dan droseron (2-hidroksiplum-bagin).

Manfaat dan Khasiat Tanaman Daun Encok Untuk Kesehatan
  1. Daun tanaman daun encok berkhasiat untuk penyakit rematik pada sendi.
  2. Tanaman daun encok untuk mengobati sakit memar, keseleo.
  3. Tanaman daun encok bermanfaat untuk mengobati nyeri lambung, dan cacingan. 
  4. Tanaman daun encok ini sebagai obat anti mikroba dan anti jamur.
  5. Tanaman daun encok berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti  kusta, kudis, kurap, dermatitis, jerawat, luka, dan borok kaki.
  6. Tanaman daun encok digunakan sebagai obat sakit gonore, sifilis, dan TBC.
  7. Tanaman daun encok digunakan untuk mengobati sakit sesak nafas.
Catatan

Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal tanaman daun encok.

0 comments:

Post a Comment