Home » » Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua



Manfaat buah merah papua untuk kesehatan tubuh manusia sangatlah banyak dan beragam. Buah endemik pulau papua Indonesia ini merupakan buah yang kaya dengan kandungan mineral dan vitaminnya. Buahnya yang berbentuk panjang dan berwarna merah menyimpan berjuta manfaat yang sangat baik untuk tubuh.
Segala macam penyakit berbahaya dan bahkan tidak dapat disembuhkan oleh medis dapat disembuhkan dengan mudah dengan menggunakan buah merah ini. Pemanfaatan buah merah ini tidak dapat langsung di konsumsi tapi harus di buat minyak ataupun ekstraknya terlebih dahulu.

Khasiat Buah Merah untuk Kanker dan Tumor


Penyebab timbul kanker dan tumor karena ketidakteraturan hormon dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal. Dengan kandungan 11.000 ppm tokoferol dan 7.000 ppm betakaroten ini berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pembiakan sel-sel kanker.

Khasiat Buah Merah untuk Darah Tinggi dan Stroke

Untuk stroke penyebabnya adalah darah yang membeku dan terjadi penyempitan pembuluh darah. Salah satu pemicu penyakit ini adalah darah tinggi. Darah tinggi sendiri penyebabnya adalah kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat, sehingga darah kekurangan oksigen atau oksigen yang terlalu kental. Dengan kandungan tokoferol pada buah merah dapat mengencerkan darah sekaligus memperlancar sirkulasi darah, sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

Khasiat Buah Merah untuk Asam Urat

Penyebab asam urat karena tergangunya fungsi lever, sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Menyebabkan asam urat tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana. Tokoperol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever, setelah sistem kerja lever membaik akan memperoduksi kadar asam urat yang normal.

Khasiat Buah Merah untuk Diabetes Militus (kencing manis)
Penyebab penyakit ini karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. akibatnya kandungan gula dalam darah meningkat. Pankreas akan diperbaiki olah tokoperol yang terdapat dalam buah merah, sehingga kankreas akan menjadi normal kembali.

Khasiat Buah Merah untuk Osteoporosis
Penyakit pengeroposan tulang yang disebabkan kekurangan kalsium, penyakit ini banyak diderita bagi mereka yang berusia lanjut. Buah merah kaya akan kandungan kalsium sehingga berpeluang besar untuk mencegah dan mengobati osteoporosis. Perhitungan dalam 100 gram buah merah terkandung 54.000 miligram kalsium.

Khasiat Buah Merah untuk Gangguan Mata
Kandungan betakaroten yang tinggi dalam buah merah akan mengatasi berbagai jenis penyakit mata, penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin A. Cara kerja betakaroten yang diserap tubuh akan diolah menjadi vitamin A.

Khasiat Buah Merah untuk ibu hamil
Kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang terdapat dalam sari buah merah akan merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu buah merah sangat cocok untuk dikomsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil.

Khasiat Buah Merah untuk meningkatkan kesuburan dan gairah pria
Vitamin E dalam buah merah akan mambantu meningkatkan produksi sperma, selain itu buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 360 kalori.


Kandungan Buah Merah

Masih menurut sumber yang sama. Merujuk pada penelitian tentang khasiatpengobatan Buah Merah pertama kali dilakukan oleh peneliti dosen Universitas Cendrawasih di Jayapura yaitu Drs. I Made Budi M.S. sebagai ahli gizi dan dosen Universitas Cendrawasih sempat mengamati secara seksama kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya yang mengonsumsi Buah Merah.

Pengamatan atas masyarakat lokal berbadan lebih kekar dan berstamina tinggi, padahal hidup sehari-hari secara asli tradisional yang serba terbatas dan terbuka dalam berbusana dalam kondisi alam yang keras serta kadang-kadang bercuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan. Keistimewaan fisik penduduk lain yakni jarang yang terkena penyakit degeneratif seperti: hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam wujud sariBuah Merah itu banyak mengandung antioksidan (kandungan rata-rata):
  •  Karoten (12.000 ppm)
  •  Betakaroten (700 ppm)
  •  Tokoferol (11.000 ppm)

Di samping beberapa zat lain yang meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9 yang semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri. Jadi aliran darah ke jantung dan otak berlangsung tanpa sumbatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Ini meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dan memperbanyak aktivitas sel T Helpers dan limposit. Suatu kutipan studi membuktikan konsumsi betakaroten 30-60 mg/hari selama 2 bulan membuat tubuh dapat memperbanyak sel-sel alami pembasmi penyakit. Bertambahnya sel-sel alami itu menekan kehadiran sel-sel kanker karena ampuh menetralisasikan radikal bebas senyawa karsinogen penyebab kanker.

Dalam beberapa penelitian terbatas yang dilakukan I Made Budi dengan metode pengobatan langsung dengan Sari Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yang amat tinggi dalam upaya pengobatan yang dilaksanakan terhadap beberapa penyakit.

Jadi, kesimpulannya sudah tidak diragukan lagi akan khasiat dan kegunaan buah merah ini karena memang telah ada bukti ilmiah yang menguatkan khasiat dan manfaat buah merah bagi kesehatan umat manusia.

0 comments:

Post a Comment