Home » » Manfaat dan Khasiat Johar (Cassia Siamea Lamk)

Manfaat dan Khasiat Johar (Cassia Siamea Lamk)

Manfaat dan Khasiat Johar (Cassia Siamea Lamk)
Tanaman Johar (Cassia Siamea Lamk)


Deskripsi Tanaman Johar

Tanaman johar adalah tanaman pohon tahunan yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman johar ini dapat ditemukan di tepi jalan, halaman depan rumah, tepi hutan dan lain-lain. Nama latin tanaman johar adalah Cassia Siamea Lamk. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman johar memiliki nama black-wood cassia, Bombay blackwood, kassod tree, dan Siamese senna. Menurut sejarah tanaman johar ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan Selatan. Ciri-ciri tanaman johar ini mempunyai daun yang kecil-kecil dengan bunga yang berwarna kuning. Tanaman johar merupakan kebarabat dekat dari tanaman ketepeng cina.  Fungsi dan kegunaan tanaman johar ini digunakan sebagai tanaman peneduh tepi jalan karena tanaman johar tumbuhnya cepat dan daunnya yang mudah dibersihkan. Namun yang jarang kita ketahui tanaman johar ini ternyata memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Johar

Indonesia : Johar
Jawa : Johar, Jati Wesi dan Juwar.
Sumatera : Johor

Klasifikasi Tanaman Johar

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Cassia
Spesies: Cassia siamea Lamk

Anatomi dan Morfologi Tanaman Johar

Tanaman johar merupakan salah satu jenis dari keluarga suku tanaman polong-polongan (Fabaceae). Tanaman johar ini termasuk tanaman pohon yang mana ukurannya 2-20 tumbuh menjalar. Batang tanaman johar berbentuk bulat menjalar beruas-ruas, berlubang di dalam, dan bercabang banyak. Daun tanaman johar tunggal berwarna hijau, letak daun berseling, bentuk daun tanaman johar lanset, ujung daun meruncing, tepi daun yang rata, dengan ukuran panjang 3-5 cm lebar 1-9 cm. Pertulangan daun tanaman johar ini menyirip. Bunga tanaman johar tunggal, berbentuk terompet, muncul di ketiak daun, dengan panjang 3-5 cm berdiameter 5 cm, dan berwarna unggu. Buah tanaman johar  kotak berbentuk bulat telur, gundul, dengan ukuran sekitar 1 cm. Buah tanaman johar ketika muda berwarna hijau pucat dan ketika sudah tua akan berwarna coklat. Budidaya tanaman johar ini menggunakan biji dan stek batang. Habitat tanaman johar berada pada daerah tropis pada ketinggian di bawah 1300 m dari permukaan air laut dengan suhu rata-rata 20-31 C.

Bagian Tanaman Johar Yang Digunakan

Daun muda

Kandungan Tanaman Johar

Tanaman johar mengandung alkoloid, barakol, flavonoid, steroida, antrakinon, interpenoid, dan tanin. Pada bagian akar tanaman johar mengandung lupeol, betalin dan diantrakinon. Sedangkan pada biji tanaman johar mengandung sitosterin dan minyak lemak.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Johar Bagi Kesehatan
  1. Tanaman johar berguna untuk mengobati demam.
  2. Tanaman johar digunakan sebagai obat antipiretik.
  3. Tanaman johar untuk mengobati kecing manis (diabetes).
  4. Tanaman johar bermanfaat untuk mengobati sakit malaria.
  5. Tanaman johar berkhasiat sebagai obat luka.
  6. Tanaman johar sebagai obat tonik.

Catatan 

Konsumsilah herbal tanaman johar ini dengan bijak dan sesuai takaran.

3 comments:

  1. 43 jenis tanaman berkasiat menyembuhkan diabetes" DIAMPUH"
    MENGOBATI KERAPUHAN SYARAF, MENGIDUPKAN SEL2 BARU,MENGUSIR BAKTERI,VIRUS,PARASIT,JAMUR/GATAL2.RABUN MATA, INSHAA aLLAH Sembuh" silahkan pesan ramuan tanaman obat SMS:0896-7677-2251

    ReplyDelete
  2. 43 jenis tanaman berkasiat menyembuhkan diabetes" DIAMPUH"
    MENGOBATI KERAPUHAN SYARAF, MENGIDUPKAN SEL2 BARU,MENGUSIR BAKTERI,VIRUS,PARASIT,JAMUR/GATAL2.RABUN MATA, INSHAA aLLAH Sembuh" silahkan pesan ramuan tanaman obat SMS:0896-7677-2251

    ReplyDelete