Home » » Manfaat Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)

Manfaat Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)

 
foto atau gambar Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)
Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)


Deskripsi Tanaman Mahua

Tanaman mahua adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman mahua ini biasanya ditanamn di halaman rumah, pekarang, dan tempat lainnya. Nama latin tanaman mahua adalah Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman mahua ini memiliki nama Indian butter tree, dan wild sapote tree. Menurut sejarah asal usul tanaman mahua ini diperkirakan berasal dari India dan Sri Langka. Persebaran tanaman mahua ini dari daerah India, Srilangka, dan Burma. Ciri-ciri fisik tanaman mahua ini memiliki buah yang berbentuk bulat lonjong berwarna kehijauan dengan daun pipih agak panjang. Fungsi dan kegunaan tanaman mahua bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai sayuran dan dimakan buahnya. Kita tidak tahu tanaman mahua ini ternyata dapat juga dijadikan sebagai obat herbal tanaman mahua dalam mengobati macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Mahua

Indonesia : Mahua

Klasifikasi Tanaman Mahua

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Ebenales
Famili: Sapotaceae
Genus: Madhuca
Spesies: Madhuca longifolia (J. Konig) J.F. Macbr.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Mahua

Tanaman mahua merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman sawo-sawoan (Sapotaceae). Tanaman mahua ini tanaman yang memiliki ukuran sedang, ukuran pohonya sekitar 16-20 m tinggi. Tanaman mahua ini memiliki batang pendek, gemuk, ukuran diameter batangnya dapat mencapai 80 cm. Tangkai tanaman mahua bulat, bercabang banyak. Kulit tanaman mahua berwarna abu-abu, vertikal retak dan keriput, pengelupasan dalam skala yang tipis. Daun tanaman mahua alternatif berkerumun di ujung anak cabang samping. Helai daun tanaman mahua sederhana,  dengan ukuran panjang 10-25 cm  x lebar 6-12 cm, berbentuk lonjong, kaku, tebal dan kokoh, berbulu di permukaan  bawah dan meneteskan getah susu yang ketika terluka. Daun tanaman mahua ketika muda berwarna merah muda, dan ketika sudah tua akan berwarna cokelat kemerahan. Bunga bertangkai hijau atau merah muda berbulu, berkelompok, setiap ikat yang terdiri dari 12 bunga, berwarna krem dan wangi. Bunga tanaman mahua hidup hanya satu malam dan kemudian jatuh ke tanah.. Penyerbukan bunga tanaman mahua berkembang menjadi buah bujur telur yang berdaging, berwarna kehijauan yang terdiri 1-4 biji berwarna coklat mengilap, berminyak. Benih tanaman mahua berukuran panjang 3-5 cm,  berbentuk elips, rata di satu sisi. Budidaya tanaman mahua ini berkembang biak dengan cara cangkok dan biji. Habitat tanaman mahua  di daerah marjinal kering hutan tropis dan subtropis hingga ketinggian 1200-1800 m, dengan curah hujan tahunan berkisar 500 mm-1500 mm, dan di mana suhu adalah dalam kisaran 2-46° C. tanaman mahua mahua tumbuh baik pada lempung berpasir tanah dengan drainase yang baik, itu juga terjadi pada dangkal berbatu, liat dan tanah

Bagian Tanaman Yang Digunakan

Bunga, buah dan Daun

Kandungan Tanaman Mahua

Buah tanaman mahua mengandung zat triterpenoids, n-hexacosanol, beta-D-glukosida dari beta-sitosterol. Kuli biji tanaman mahua mengandung zat qurcetin dan dihydroquercetin. Biji mengandung senyawa saponin-2,3-di-O-glucopyranoside dasar asam. Kulit batang tanaman mahua mengandung zat asetat lupeol, beta-amyrin asetat, alpha-spinasterol, erythrodiol monocaprylate, asam betulinic dan asam oleanolic.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Mahua Bagi Kesehatan
  • Minyak dari ekstrak biji tanaman mahua berguna untuk penyakit kulit dan nyeri tubuh.
  • Bunga tanaman mahua yang kering bermanfaat untuk mengobati sakit sistem otot neuro dan lemahnya saraf.
  • Kulit pohon tanaman mahua berkhasiat untuk mengobati sakit gangguan usus dan diare.
  • Bunga tanaman muhua yang segar dijus digunakan untuk mengobati sakit hipertensi, cegukan dan batuk kering.
  • Bunga tanaman mahua untuk meningkatkan jumlah sperma, ejakulasi dini, dan produksi susu lebih sedikit dalam periode pasca melahirkan.
Catatan

Konsumsilah herba tanaman mahua ini dengan bijak dan sesuai takaran.

0 comments:

Post a Comment