Home » » Manfaat dan Khasiat Kluwak (Pangium Edule Reinw)

Manfaat dan Khasiat Kluwak (Pangium Edule Reinw)

Manfaat dan Khasiat Kluwak (Pangium Edule Reinw)
 Tanaman Kluwak (Pangium Edule Reinw)


Deskripsi Kluwak

Kluwak adalah tanaman pohon yang tinggi yang sering kita temukan disekitar kita. Nama latin tanaman kluwak adalah Pangium Edule Reinw. Tanaman kluwak umumnya tumbuh di tepi sungai, daerah yang berair, hutan primer, hutan sekunder, dan kebun masyarakat. Tanaman kluwak ini penyebarannya meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Mikronesia, dan Malenasia. Ciri-ciri tanaman kluwak ini adalah pohonnya memiliki ukuran yang tinggi, buah kluwak yang berwarna coklat berbentuk bulat lonjong dengan daging biji yang berwarna kehitaman. Fungsi dan kegunaan tanaman kluwak bagi sebagian masyarakat Indonesia, biji kluwak digunakan sebagai bumbu untuk masakan seperti bumbu untuk membuat rawon, bumbu dalam membuat sambal, bumbu dalam pembuatan olahan daging, brongkos, dan lain-lain. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman kluwak ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Kluwak

 Kluwak, Kluwek, Picung, Kepayang, Pacung, Pakem, Kalawa, Pangi

Klasifikasi Kluwak

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Flacourtiaceae
Genus: Pangium
Spesies: Pangium edule Reinw

Anatomi dan Morfologi Kluwak

Tanaman kluwak merupakan salah satu jenis dari keluarga tanaman Flacourtiacea. Tanaman keluwak ini termasuk tanaman pohon yang memiliki ukuran besar yang mana tinggi pohonnya dapat mencapai 40 m dengan ukuran diameter batang pohon 100 cm- 2,5 m. Pucuk atas tanaman kluwak biasanya lebat, dengan cabang dan ranting yang mudah patah. Daun tanaman kluwak ini tunggal, berkumpul pada ujung ranting dan bertangkai panjang. Tanaman kluwak helaian daunnya dari pohon muda berlekuk tiga. Pada pohon tanaman kluwak yang sudah tua helaian daun berbentuk bulat seperti telur melebar di pangkal berbentuk jantung, dan ujung daun tanaman kluwak meruncing. Permukaan daun tanaman kluwak pada bagian atas licin berwarna hijau mengkilap, sedangkan pada permukaan bawahnya berambut coklat dan tersusun rapat dengan tulang daun menonjol. Panjang daun tanaman kluwak berkisar antara 20-60 cm dan lebar 15-40 cm. Bunga tanaman kluwak berwarna coklat kehijauan, tumbuh pada ketiak daun atau hampir di setiap ujung ranting. Bunga jantan tanaman kluwak tersusun dalam malai, sedangkan pada bunga betina tanaman kluwak umumnya muncul tunggal di ujung ranting. Buah tanaman kluwak buni berbentuk bulat seperti telur atau lonjong, kulit buah kluwak yang telah tua berwarna coklat dengan permukaan kasar. Diameter buah kluwak berkisar antara 10-25 cm. Daging buah kluwak berwarna kuning pucat, lunak dan dapat dimakan. Tiap buah kluwak berisi sampai 18 biji atau lebih. Pada bagian kulit biji kluwak ini sangat tebal dan keras. Habitat kluwak pada daerah dengan ketinggian antara 10-1.000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Kluwak Yang Digunakan 

Daun, Getah daun, dan Biji

Kandungan Kluwak

Tanaman kluwak mengandung gynocardine dan cyaanwatestof.

Manfaat dan Khasiat Kluwak Bagi Kesehatan
  1. Tanaman kluwak digunakan untuk antiseptik.
  2. Tanaman kluwak berkhasiat sebagai desinfektan.
  3. Tanaman kluwak bermanfaat untuk membersihkan koreng.
  4. Tanaman kluwak untuk mengobati rematik.
  5. Tanaman kluwak berguna untuk penyakit kulit (gatal-gatal).
  6. Tanaman kluwak mengobati sakit kudis.
  7. Tanaman kluwak sebagai obat tidur.
  8. Tanaman kluwak berguna untuk menghilangkan kutu di rambut.
  9. Tanaman kluwak digunakan untuk mempercepat haid.
  10. Tanaman kluwak bermanfaat untuk obat sakit lepra.

Catatan

Hati-hati dalam mengkonsumsi tanaman kluwak karena tanaman ini mengandung racun asam sianida maka dalam mengkonsumsinya diperlukan penanganan khusus. Cara untuk mengihilangkan racun dalam biji tanaman kluwak yaitu di rendam selama beberapa hari kemudian direbus untuk menghilangkan racunnya. 


0 comments:

Post a Comment