Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)
Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)






Deskripsi Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus adalah tanaman rambat yang sering kita jumpai berada di sekitar kita. Nama latin tanaman kemukus ialah Piper Cubeba L.F. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman kemukus memiliki nama Cubeb pepper, Java Pepper, dan tailed pepper. Asal tanaman kemukus asalnya tidak diketahui. Tetapi tanaman kemukus ini sebagian besar tumbuh di pulau Jawa dan Sumatra. Tanaman ini menurut sejarah di jadikan komonditas rempah-rempah pedagang Arab dan India yang mana dijual ke daerah Eropa. Ciri-ciri tanaman kemukus ini memiliki daun yang mirip tanaman sirih dengan buah kecil-kecil berwarna hijau kemerah-merahan yang bergerombol membentuk seperti ekor. Tanaman kemukus ini merupakan kerabat dekat dari tanaman sirih. Fungsi dan kegunaan tanaman kemukus ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman kemukus ini memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kemukus

Sunda : Rinu
Melayu : Kemukus, Temukus
Madura : Kemokos
Makasar : Pamukusu

Klasifikasi Tanaman Kemukus

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae (suku sirih-sirihan)
Genus: Piper
Spesies: Piper cubeba L.F

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari keluarga tanaman sirih-sirihan (Piperaceae). Tanaman kemukus hidup merambat dan melilit pada tanaman lain. Batang tanaman kemukus tumbuh sepanjang 3-15 m. Akar tanaman kemukus berserabut berwarna kecoklatan. Batang tanaman kemukus berkayu, bercabang licin, dan tidak berbulu. Daun tanaman kemukus berbentuk seperti hati dengan ujung daun yang meruncing, permukaan daun berbulu dan penuh dengan bintik-bintik kelenjar. Bunga tanaman kemukus berbentuk bulat kecil seperti bulir. Tanaman kemukus memiliki buah yang berbentuk bulat kecil berukuran 20 mm, buahnya berkumpul dengan tangkai buah yang agak panjang seperti ekor, dan berbau wangi. Buah tanaman kemukus ketika masih muda akan berwarna hijau sedangkan pada buah yang sudah tua akan berwarna merah. Biji tanaman kemukus ini mirip tanaman merica berwarna putih, berminyak dengan rasa yang pedas. Budidaya tanaman kemukus mengunakan cara vegetatif stek cabang.  Habitat tanaman kemukus berada pada daerah dataran rendah hingga pada ketinggian 700 m dari permukaan laut.

Bagian Tanaman Kemukus Yang Digunakan

Buah

Kandungan Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus mengandung zat sesquiterpan hidrat, asam cubeba, cubebin, minyak terbang, kadinen, sineol, turpineol, pati, gom, damar-damaran,  dan minyak tetap.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus Untuk Kesehatan

  1. Tanaman kemukus berguna untuk mengobati penyakit asma (anti radang selaput lendir).
  2. Tanaman kemukus untuk menyembuhkan sakit kencing nanah.
  3. Tanaman kemukus digunakan sebagai obat sakit perut.
  4. Tanaman kemukus bermanfaat untuk menyembuhkan muntah.
  5. Tanaman kemukus berkhasiat sebagai obat luka sinar matahari.
  6. Tanaman kemukus untuk meningkatkan nafsu makan.
  7. Tanaman kemukus berguna untuk obat pelepas angin.

Catatan 

Terlalu banyak mengkonsumsi herbal tanaman kemukus dapat menyebabkan sakit perut atau mencret.

1 comments: