Home » » Manfaat dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)

Manfaat dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)

Manfaat dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)
Tanaman Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)


Deskripsi Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe adalah tanaman semak yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman penawar jambe ini dapat dijumpai di tepi jalan dan halaman depan rumah. Nama latin tanaman penawar jambe adalah Cycas revoluta Thunb. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman penawar jambe memiliki nama Cycad, dan Sago Palm. Tanaman penawar jambe ini menurut sejarah berasal dari jepang. Tanaman penawar jambe kerabat dekat tanamn pakis haji. Ciri-ciri tanaman penawar jambe memilik daun yang berbentuk jarum dan  bunga bulat bergelugut. Fungsi dan kegunaan penawar jambe bagi sebagian orang dijadikan tanaman hias karena bentuk tanaman yang indah dan menarik. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman penawar jambe ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Penawar Jambe 

Jawa : Penawar Jamb, Sikas

Klasifikasi Tanaman Penawar Jambe

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Cycadophyta (sikad)
Kelas: Cycadopsida
Ordo: Cycadales
Famili: Cycadaceae
Genus: Cycas
Spesies: Cycas revoluta Thunb 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga  suku tanaman pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). Tanaman penawar jambe ini tanaman semak dengan ukuran tinggi tanaman 1-2 m. Akar tanaman penawar jambe berserabut dan berwarna hitam. Batang tanaman penawar jambe tegak berbentuk bulat dengan bekas tangkai daun yang menetap pada batang berwarna coklat kehitanaman. Tanaman penawar jambe batangnya terkadang bercabang. Tanaman penawar jambe mempunyai daun majemuk berbentuk seperti jarum, panjang menyirip genap, ujung daun runcing tepi rata dengan panjang 10-15 cm dan berwarna hijau. Permukaan daun tanaman penawar jambe mengkilat. Bunga tanaman penawar jambe majemuk berbentuk tandan. Bunga tanaman penawar jambe yang jantan bertangkai pendek, berbentuk kerucut dengan panjang 10-20 cm dan berwarna kuning. Bunga tanaman penawar jambe yang betina di kelilingi oleh bunga jantan yang berwarna kuning kecoklatan.  Buah tanaman penawar jambe  kotak berbentuk telur dengan diameter 1 cm dan berwarna hijau. Biji tanaman penawar jambe berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 1-2 cm dan berwarna coklat orange. Budidaya tanaman penawar jambe ini berkembang biak dengan menggunakan tunas, yaitu melalui pemisahan tunasnya. Habitat tanaman penawar jambe berada pada dataran rendah sampai tinggi dengan syarat hidup curah hujan dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Penawar Jambe Yang Digunakan

Akar, daun dan Biji

Kandungan Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe mengandung zat cyacin, neocyacin (A,B,C,D,E,F, dan G), Sotet suflavone, criptoxanthine, dan zeaxanthine.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Penawar Jambe
  1. Tanaman penawar jambe untuk mengobati kanker.
  2. Tanaman penawar jambe berguna sebagai obat darah tinggi.
  3. Tanaman penawar jambe digunakan untuk menyembuhkan sakit TBC paru-paru dengan batuk darah.
  4. Tanaman penawar jambe bermanfaat untuk mengobati diare.
  5. Tanaman penawar jambe berkhasiat sebagai batuk darah.
  6. Tanaman penawar jambe sebagai obat sakit lambung.
  7. Tanaman penawar jambe untuk menyembuhkan telat datang bulan / menstruasi.
  8. Tanaman penawar jambe berguna untuk obat untuk orang yang kesulitan melahirkan.
Catatan 

Konsumsilah herbal tanaman penawar jambe dengan bijak dan sesuai takaran.


0 comments:

Post a Comment