Home » » Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)

Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)

Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)
Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)


Deskripsi Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia adalah  Euphorbia milii Ch.des Moulins.  Fungsi bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita kadang juga di taruh di dalam pot yang di letakkan di depan rumah. Bunga euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Sejarah dan asal muasal bunga Euphorbia ini berasal dari pulau Madagaskar. Ciri bunga euphorbia ini memeliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan lain-lain. Perawatan bunga euphorbia ini adalah media tanamnya jangan banyak berair contohnya seperti serbuk kulit kelapa (cocopeat), Sekam bakar, kotoran kambing, dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar, penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi. Bunga Euphorbia ini tidak hanya digunakan tanaman hiasa saja namun bisa juga di gunakan sebagai obat herbal tetapi harus di perhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman ini juga beracun.

Klasifikasi Bunga Euphorbia

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphorbiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: Euphorbia milii Ch.Des Moulins 

Nama Daerah Bunga Euphorbia 
  1. Kaktus Pakis Giwang (Indonesia)
  2. Tie hai tang (China),
  3. Sudu-sudu, susurru, susudu (Jawa).
Anatomi dan Morfologi Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia ini termasuk dari family Euphorbiaceae memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu putih agak kental (milky sap). Daun tanaman Euphorbia berbentuk oval dengan ukuran bervariasi menurut hibrida dan kultivar. Struktur Bunga Euphorbia kecil berwarna kuning dengan bagian bunga euphorbia cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi.
Umumnya bunga euphorbia ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga bunga euphorbia yang memilki bunga yang tidak sempurna yang tidak memiliki organ seksual dan bersifat steril, sehingga tidak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya merupakan bunga yang tidak sempurna. Adapula bunga euphorbia yang sebagian bunganya merupakan bunga sempurna dan beberapa kondisi tumbuh bunga yang tidak sempurna. Akar bunga euphorbia merupakan akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar. Habitat bunga euphorbia ini dapat tumbuh pada kisaran temperatur 4-40° Celsius. dihabitat aslinya, tanaman ini tumbuh dilahan terbuka (full sun) dan cukup toleran berada dilokasi sedikit ternaung (part shade location) seperti di pulau madagaskar. Budidaya bunga euphorbia menggunakan stek batang dan juga biji yang ada di tengah bunganya.

Kandungan Kimia Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia mengandung : 
  1. Batang: Taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat. 
  2. Daun: Peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji.
  3. Getah: Euphorbol, euphol, cyeloartenol.
Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia Untuk Kesehatan 
  1. Diare akut.
  2. Malaria, demam.
  3. Membunuh serangga (insecticide).
  4. Radang anak telinga.
  5. Sakit gigi. 
  6. Hepatitis
  7. Bisul
  8. Pendarahan pada menstruasi
  9. Luka bakar 
  10. Sesak napas (asmatis).
  11. Rematik.
  12. Sembelit.
  13. Gigitan ular (akar)
Catatan Penting 
  • Bunga euphorbia ini mengandung racun jadi dalam penggunaannya harus sesuai takaran dan tidak berlebihan
  • Wanita hamil dilarang menggunakan ramuan dari bunga ini.





2 comments: