Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Aren (Arenga Pinnata Merr)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Aren (Arenga Pinnata Merr)

 
Manfaat dan Khasiat Tanaman Aren (Arenga Pinnata Merr)
Tanaman Aren (Arenga Pinnata Merr)

Deskripsi Tanaman Aren

Tanaman Aren adalah tanaman yang termasuk dari jenis keluarga palm-palman. Tanaman aren memiliki nama latin Arenga pinnata Merr. Sejarah asal tanaman aren dari dataran asia yang beriklim tropis. Fungsi dan kegunaan tanaman aren ini untuk dijadikan tanaman komersil karena setiap bagian dari tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai contoh nira dari tanaman aren digunakan untuk gula merah, buahnya untuk di jadikan kolang-kaling, bagian tanaman aren yang dimanfaatkan untuk membuat serat adalah daunnya dan lain-lain. Tanaman aren tidak hanya untuk konsumsi saja namun dapat di jadikan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Nama Daerah Tanaman Aren

Bak juk, Bak jok (Aceh); Pola, Paula, Bagot, Agaton, Bargot (Batak); Anau, Biluluk (Minangkabau); Kawung, Taren (Sunda);Aren, Lirang, Nanggung (Jawa); Jaka, Hano (BaIi); Meka (Sawu); Moke, Huwat (FIores); Akel, Akere, Koito, Akol, Ketan (Sawu); Inru (Bugis); Bole (Roti); Seho (Ternate). 

Klasifikasi Tanaman Aren

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae (suku pinang-pinangan)
Genus: Arenga
Spesies: Arenga pinnata Merr 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Aren

Tanaman aren merupakan tanaman dari famili Arecaceae (Palmae) yang mempunyai bentuk pohon besar dan tinggi, yang tingginya dapat mencapai 25 m. Tanaman Aren dapat tumbuh sampai diameter batang 65 cm, batang pokok tanaman aren kukuh dan pada bagian tanaman aren yang atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun tanaman aren yang menyelubungi batang.

Tanaman aren mempunyai bentuk Daun majemuk menyirip, mirip daun tanaman kelapa, yang memiliki panjang hingga 5 m dengan tangkai daun hingga 1,5 m. Anak daun tanaman aren seperti pita bergelombang, hingga 7 x 145 cm, daun tanaman aren berwarna hijau gelap di atas dan keputih-putihan oleh karena lapisan lilin di sisi bawahnya.

Bentuk bunga tanaman berumah satu, dengan bunga-bunga jantan terpisah dari bunga-bunga betina dalam tongkol tanaman aren yang berbeda yang muncul di ketiak daun; panjang tongkol dapat mencapai 2,5 m. Buah tanaman aren memiliki nama buah buni mempunyai bentuk bulat peluru, dengan ukuran sekitar 4 cm, di dalam buah tanaman arennya beruang tiga dan berbiji tiga,  tersusun dari untaian mirip seperti rantai. Setiap tandan dari tanaman aren mempunyai 10 tangkai atau lebih, dan setiap tangkai tanaman aren memiliki jumlah buah kurang lebih 50 butir buah. Buah tanaman aren berwarna hijau sampai coklat kekuningan. Buah tanaman aren ini tidak dapat dimakan langsung karena getahnya mengandung racun yang apabila di konsumsi akan terasa sangat gatal di mulut. Akar tanaman aren berserabut dan bulu akar yang banyak berfungsi untuk berpegangan pada tanah. Kelebihan akar tanaman aren adalah, sistem perakarannya kuat dan panjang. Perseberan tanaman aren ini dari India timur di sebelah barat, hingga sejauh Malaysia, Indonesia, dan Filipina di sebelah timur. Di Indonesia tanaman aren tumbuh liar atau ditanam, syarat tumbuh tanaman aren ini pada daerah yang mempunyai ketinggian tepi pantai sampai ketinggian 1.400 m dpl.. Habitat tanaman aren berada di lereng-lereng atau daerah pinggiran sungai. Umur tanaman aren ini dapat mencapai umur kurang lebih 10 tahun.  Budidaya dan pembibitan tanaman aren ini menggunakan bijinya.

Kandungan Tanaman Aren

Kandungan buah tanaman aren mengandung kalori 164, sodium 19.58 mg, potassium 170.88 mg, karbohidrat 42.61 g, protein 0.64 g, Vit A 3.56 IU, vit C 0.89mg, calcium 78.32 mg. Dalam 100 ml nira tanaman aren mengandung total padatan sekitar 15,20 – 19,70 g, sukrosa 12,30 – 17,40 g, abu0,11 – 0,41 g, protein 0,23 – 0, 32 dan asam ascorbik 16 – 30 g. Akar tanaman aren mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Aren Bagi Kesehatan
  1. Obat  batu ginjal
  2. Obat sariawan
  3. Obat radang paru-paru
  4. Demam
  5. Sakit Perut
  6. Sulit Buang air besar (sembeli
  7. Ruam kulit  


   

0 comments:

Post a Comment