Home » » Manfaat dan Khasiat Bunga Widuri

Manfaat dan Khasiat Bunga Widuri

 
Manfaat dan Khasiat Bunga Widuri
Bunga Widuri (Calotropis gigantea Dryand)


Deskripsi Bunga Widuri

Bunga widuri adalah tanaman liat yang hidup di ladang dan juga sawah kadang juga di gunakan sebagai tanaman hiasa di pekarangan rumah. Bunga biduri ini cukup eksotis dan indah, namun tumbuhan biduri kerap dibiarkan tumbuh liar dan dianggap gulma. Nama latin bunga widuri adalah Calotropis gigantea Dryand. Ciri khas dari bunga biduri adalah apabila salah satu bagian tumbuhan dilukai, akan mengeluarkan getah berwarna putih, encer, rasanya pahit dan kelat, lama-kelamaan terasa manis, baunya sangat menyengat, dan beracun. Bunga widuri ini dapat dibudidayakan menggunakan bijinya. Bunga widuri ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan salah satunya radang lambung dll.

Nama Daerah Bunga Widuri

Rubik (Aceh) Biduri, Rembega, dan Remingu (Melayu) Rumbigo (Minangkabau), Widuri (Sunda), Biduri, Saduri, Sidoguri, dan Widuri (Jawa), dan Bidhuri (Madura). Juga Manori, Maduri (Bali), Muduri, Rembiga, Kore, Krokoh, Kolonsusu, Modo Kapauk, dan Modo Kampauk (Nusa Tenggara), dan Rambega (Sulawesi).

Klasifikasi Bunga Widuri

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Asclepiadaceae
Genus: Calotropis
Spesies: Calotropis gigantea Willd

Morfologi Bunga Widuri

Bunga biduri merupakan tumbuhan semak tegak dengan tinggi antara 0,5-3 meter. Bunga biduri memiliki batang bulat, kukuh, kulit pucat. Daun bung biduri bertangkai sangat pendek, helaian dan memanjang atau bulat telur terbalik dengan pangkal berbentuk jantung dan ujung tumpul, sisi  atas daun mulanya berambut lebat yang berwarna putih kemudian gundul, panjang  8-30 cm, lebar 4-15 cm. Struktur bunga widuri majemuk dalam anak payung, tangkai bunga tebal dengan panjang 3-5 cm mahkota bunga berbentuk roda, berwarna lila, kandang-kandang putih dengan tabung yang hijau pucat, berbentuk cawan yang dangkal. Buah bumbung, berdiri sendiri atau berpasangan, bulat telur memanjang dengan ujung melengkung seperti kait.  Biji coklat,  berambut  pendek dan lebat.


Kandungan Kimia Bunga Widuri

Bunga widuri mengandung glukosida (kalotropin, fuscharin, kalotoksin). Kulit batang tanaman widuri mengandung dammar. Daun tanaman widuri mengandung kalotropin, damar, floavil dan alban.

Manfaat dan Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan
  1. Gigi rusak.
  2. Radang anak telinga (otitis).
  3. Radang lambung (gastritis).
  4. Kejang jantung (angina pectoris).
  5. Kudis (scabies).
  6. Campak/gabag (morbili).
  7. Kutil, bisul (furunculus).
  8. Eksim (eczema).

Catatan Penting
  1. Wanita hamil dianjurkan untuk tidak minum ramuan ini.
  2. Seluruh tanaman ini bersifat racun sehingga pemakaiannya dilakukan lebih bijaksana.







   

0 comments:

Post a Comment