Home » » Manfaat dan Khasiat Bunga Saffron (Crocus Sativus L)

Manfaat dan Khasiat Bunga Saffron (Crocus Sativus L)

 
Manfaat dan Khasiat Bunga Saffron (Crocus Sativus L)
Bunga Saffron (Crocus Sativus L)

Deskripsi Bunga Saffron

Bunga saffron adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki warna biru. Bunga saffron ini memiliki nama ilmiah Crocus sativus. Asal bunga saffrom  ini berasal dari daerah Asia Barat Daya (timur tengah). Fungsi bunga saffron ini di gunakan sebagai rempah-rempah  untuk bumbu masakan dan bahan pewarna alami.  Bunga saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum. Ekstrak dari bunga ini berharga sangat mahal karena pengelolahannya yang susah dan juga merupakan tanaman tahunan.

Klasifikasi Bunga Saffron
 
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Iridaceae
Genus: Crocus
Spesies: Crocus sativus L

Anatomi dan Morfologi Bunga Saffron
 
Bunga Saffron (Crocus Sativus) adalah tumbuhan tahunan (perenial) yang berbunga di musim gugur. Bunga Saffron ini berasal Mediterania timur tepatnya di pulau Kreta. Bunga saffron ini berwarna ungu tidak dapat melakukan penyerbukan alami karena bunga ini steril maka dalam penyerbukan bunganya perlu melalui bantuan manusia. Setelah tanaman selesai berbunga, umbi harus digali dan dipisah-pisahkan untuk musim tanam berikutnya. Umbinya juga hanya bertahan semusim dan membelah diri menjadi hingga 10 cabang umbi untuk kemudian tumbuh menjadi tanaman baru.
 
Umbi bunga saffron berbentuk globular (seperti bawang), berdiameter 4,5 cm, dan diselubungi serat yang saling bersilangan di bagian luar. Setelah mengalami periode estivasi di musim panas, dari umbi muncul sekitar 5–11 helai daun hijau ramping yang tumbuh ke atas. Panjang helai daun bunga saffron bisa mencapai 40 cm. Di musim gugur keluar kuncup bunga berwarna ungu. Bunga saffron baru berbunga di bulan Oktober setelah sebagian besar tumbuhan berbunga sudah menghasilkan biji. Bunga berwarna cemerlang, mulai dari warna ungu terang hingga ungu bernuasa merah jambu. Sewaktu berbunga, tinggi tanaman rata-rata adalah 30 cm. Dari dalam bunga keluar tiga tangkai putik yang di ujungnya terdapat kepala putik berwarna merah tua berukuran panjang 25–30 mm. Habitat bunga saffron ini berada di daerah yang memiliki banyak hujan di musim semi namun relatif kering di musim panas seperti Yunani, Moroko, Spanyol dll. Budidaya bunga saffron ini berkembang biak dengan biji dan umbinya.
 
Kandungan Kimia Bunga Saffron

Bunga saffron mengandung zeaksantin, likopena, dan berbagai α-,  β-karoten  vitamin A, asam folat, riboflavin, niasin,  vitamin C,  Crocin dan Safranal. Bunga saffron ini juga mengandung beberapa mineral yang penting yang di butuhkan tubuh yaitu copper, potasium, kalsium, mangan, iron, selenium, zinc, dan magnesium.

Manfaat dan Khasiat Bunga Saffron
  1. Bunga saffron untuk kecantikan untuk menghaluskan kulit
  2. Anti kanker
  3. Melancarkan aliaran darah
  4. Menyembukan luka
  5. Gangguan saluran cerna
  6. Sebagai obat batuk
  7. Mengurangi tekanan darah dan kolestrol
  8. Mengobati anemia
  9. Mengurangi resiko serangan jantung
  10. Obat sakit kolik
  11. Anti-karsinogenik
  12. Anti-mutagenik
  13. Mengatasi depresi dan stres
  14. Meningkatkan gairah seksual
  15. Pengobatan skabies.
  16. Memperbaiki sistem imun pada tubuh
  17. Antioksidan 
  18. Bunga saffron untuk ibu mengandung sebagai obat penenang alami
  19. Manfaat bunga saffron untuk wajah dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat 

Catatan Penting

Mengkonsumsi bunga ini sebaiknya sesuai takaran dan tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.



0 comments:

Post a Comment