Home » » Manfaat dan Khasiat Rebusan Buah Tin Kering

Manfaat dan Khasiat Rebusan Buah Tin Kering



Manfaat dan Khasiat Rebusan Buah Tin Kering – buah tin merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak khasiat bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan buah tin mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya, sehingga buah ini sangat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Khasiat buah tin tidak hanya pada buah yang telah matang dan segar, buah tin kering juga sangat berkhasiat dan tidak kalah dengan buah tin matang. Buah tin kering juga memiliki kandungan nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, fosfor, potassium, zat besi, protein dan msih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Maka tak heran jika buah tin sangat berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Untuk dijadikan obat herbal yang berkhasiat, buah tin kering dapat diolah dengan cara direbus dan diambil airnya untuk di minum.

Berikut ini Beberapa manfaat dan khasiat rebuasan buah tin kering :
  1. Meminum air rebusan buah tin kering dapat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung koroner, karena di dalam kandungan buah tin kering terdapat omega 3, omega 6 dan kalium. Minum secara rutin setiap hari 2 kali sehari 1 gelas.
  2. Selain itu, khasiat meminum air rebusan buah tin kering secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan serat pectin yang terdapat didalam air rebusan buah tin kering, mampu menyapu bola-bola kolesterol di dalam usus dan membuangnya melalui buang air besar.
  3. Manfaat meminum air rebusan buah tin kering juga dapat mencegah penyakit diabetes atau sering kita sebut dengan kencing manis, kandungan serat yang terdapat di dalam buah tin mampu memperlambat penyerapan glukosa sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol.
  4. Kandungan antioksidan di dalam buah tin kering sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas berbahaya. Meminum air rebusan buah tin secara rutin dapat mencegah resiko terkena penyakit kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat.
  5. Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada air rebusan buah tin kering dapat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi penyakit tulang seperti osteoporosis atau keropos tulang.
  6. Sedangkan kandungan vitamin C nya terbukti sangat berkhasiat untuk meningkatka daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.
  7. Buah tin mengandung serat alami yang sangat efektif dalam melancarkan system pencernaan, sehingga dapat mencegah susah buang air besar, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, meminum air rebusan buah tin kering dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, kandungan serat alaminya mampu membuang lemak-lemak yang menempel pada dinding usus.
  8. Buah tin juga kaya akan kandungan vitamin A dan beta-karoten yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, sehingga daya penglihatan mata akan tetap terjaga.

0 comments:

Post a Comment