Home » » MANFAAT PETAI UNTUK KESEHATAN

MANFAAT PETAI UNTUK KESEHATAN



Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus. Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Petai)

Kecil, berwarna hijau dan bau merupakan ciri khas dari petai. Bagi masyarakat Indonesia, petai merupakan salah satu menu favorite jika digabungkan dengan lalapan yang lain dan sambal yang pedas. 

Berikut beberapa khasiat atau manfaat yang diperoleh bila mengkonsumsi Petai :

1. Dapat Membuat Pintar :
Kandungan potassium yang tinggi pada petai ternyata dapat membantu otak kita bekerja lebih baik. Sebuah penelitian di Twickenham menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi petai sebelum ujian dapat mengerjakan soal ujian lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Konsentrasi yang mereka peroleh merupakan efek dari konsumsi petai pada saat sebelum ujian.

2. Dapat mengobati Anemia
Bagi seseorang yang menderita penyakit Anemia memang membutuhkan tambahan zat besi sebagai energy mereka. Kandungan zat besi pada petaiternyata mampu merangsang pembentukan sel darah merah dalam tubuh mereka. Konsumsi petai merupakan perawatan alami yang baik bagi anda yang memiliki penyakit Anemia.

3. Membantu menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Di dalam petai terdapat kandungan lasium dan potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi anda penderita hipertensi dapat mencoba mengonsumsi petai sebagai bentuk pengobatan alami.

4. Membantu Premenstrual Syndrome (PMS)
Kondisi ketika seorang wanita menjelang menstruasi memanglah sangat sensitive. Sering diantara kita tidak dapat mengontrol emosi kita. Kandungan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam petai mampu membantu kita untuk mendapatkan mood yang tetap baik.

5. Membantu menghilangkan Depresi
petai mengandung suatu asam amino esensial yang bernama tryptophan yang ternyata dapat membantu meningkatkan hormone serotonin seseorang. Hormone ini mempunyai peran untuk mengontrol suasana hati seseorang agar selalu baik.

6. Membantu Mencegah Kegemukan
Dengan mengonsumsi petai,, seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Jika seseorang sudah merasa kenyang maka tindakan seperti ngemil atau bahkan makan lagi dapat terhindar dengan baik.

7. Membantu menjaga Pencernaan agar tetap Sehat
Kandungan serat dalam petai dapat berguna untuk melancarkan system pencernaan kita. usus akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit sembelit pastinya.

8. Mengobati penyakit Diabetes
Bagi anda yang menderita penyakit diabetes, ada info baru mengenai petai yang ternyata dapat membantu anda untuk mengontrol kadar gula darah anda agar tetap normal.

9. Membantu mengobati Stroke
Meskipun aromanya sangat menyengat, petai ternyata dapat membantu anda terhindar dari penyakit stroke. Dengan kondisi tekanan darah yang terkontrol maka kemungkinan anda terserang stroke pun akan menjadi lebih rendah bukan?

Sekian info beberapa manfaat petai untuk kesehatan. Jadi meski kadang baunya bikin muntah bagi yang tidak terbiasa, namun dibalik itu semua menyimpan khasiat yang luar biasa. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua


0 comments:

Post a Comment