Home » » MANFAAT MENGKUDU UNTUK KESEHATAN

MANFAAT MENGKUDU UNTUK KESEHATAN




Mengkudu atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi). Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu)

Dibalik baunya yang tidak sedap, Mengkudu menyimpan beragam khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti sakit kuning, influenza, demam, hipertensi, sakit perut, batuk, dan menghilangkan sisik pada kaki. Ada beberapa manfaat mengkudu yang bisa anda buat untuk beberapa penyakit sebagai berikut.

Membantu Mengobati Sakit Kuning
Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 potong gula batu. Caranya buah mengkudu diperas lalu ambil airnya, lalu campurkan dengan madu aduk sampai merata dan saring. Minum dan diulangi dua kali sehari.

Membantu Mengobati Demam (Masuk Angin dan Influenza)
Rebus satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur dengan dua gelas air, masak hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja, lalu saring. Minum dua kali sehari pagi dan sore.

Membantu Mengobati Hipertensi
Ambil 2 buah mengkudu lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian campurkan dengan madu sampai merata dan saring. Minumlah dua kali sehari.

Membantu Mengobati Sakit Perut
Ambil 2-3 lembar daun mengkudu kemudian daun ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan diseduh dengan air panas. Setelah dingin, saring dan siap untuk diminum.

Membantu Mengobati Batuk
Satu buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Kemudian disaring, di minum pagi dan sore.

Membantu Menghilangkan Sisik pada Kaki
Buah mengkudu yang sudah masak digosokkan pada bagian kaki yang bersisik tersebut hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Sekian info tentang Manfaat Mengkudu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment