Home » » Manfaat dan Khasiat Anggur Merah (Vitis Labrusca)

Manfaat dan Khasiat Anggur Merah (Vitis Labrusca)

Manfaat dan Khasiat Anggur Merah (Vitis Labrusca)
Anggur Merah (Vitis Labrusca)
 
 
Deskripsi Anggur Merah

Anggur merah adalah jenis tanaman merambat atau perdu yang memiliki ciri-ciri buah berwarna merah.  Anggur merah asalnya dari timur tenggah. Anggur merah memiliki nama latin Vitis labrusca. Anggur merah ini merupakan tanaman buah konsumsi bagi masyarakat kita. Kandang juga buah anggur merah ini di buat untuk membuat jelly, wine (minuman anggur), dan lain-lain. Buah anggur merah memiliki rasa manis, sedikit asam dan berair. Anggur merah ini ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita.

Anatomi atau Morfologi Anggur Merah 
 
Tamanan anggur merupakan tanaman merambat atau perdu. Tanaman anggur merah ini habitatnya pada dataran rendah yang mana tanaman anggur merah ini juga membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan dengan intensitas sinar matahari yang full. Dengan curah hujan yang kecil dengan suhu  23 C sampai 31 C
 
Tanaman anggur merah memiliki daun tunggal yaitu satu helai daun pada satu tangkai daun, tersusun berseling (alternate), daun anggur merah berwarna hijau, bentuk daun anggur merah bangun daun bulat (orbicularis) hingga jorong, panjang daun anggur merah 10 - 16 cm, dengan lebar daun anggur merah 8 - 14 cm, helaian daun anggur merah ini tipis tegar, pangkal berlekuk (emerginatus), ujung daun anggur merah meruncing (acuminatus), daun-daun anggur merah yang bertulang menjari (palminervis) , tepi bergigi runcing (dentatus) dan tepi daun berlekuk berdasarkan dalamnya toreh , biasanya memiliki 5 lekukan, permukaan daun anggur merah berbulu (pilosus). Struktur daun tanaman anggur merah mempunyai helaian daun, tangkai daun dan sepasang daun penumpu.

Batang anggur merah merupakan bagian dari tubuh tanaman yang amat penting sebagai alat pembentuk dan pembawa daun. Tanaman anggur merah  batangnya ini beruas-ruas, berbuku-buku serta berkayu. Tanaman anggur merah  termasuk tanaman  semak yaitu tumbuhan yang tak seberapa besar, batang berkayu, bercabang-cabang dekat dengan permukaan tanah. Tanaman anggur merah ini berumur panjang (perenial) dan panjang kurang lebih 8 m. pesifikasi batang tanaman anggur merah tumbuh memanjat (scadens), yaitu batang anggur merah tumbuh ke atas dengan menggunakan penunjang. Penunjang anggur merah dapat berupa benda mati ataupun tubuhan lain, dan pada waktu naik ke atas batang menggunakan alat-alat khusus untuk “berpegangan” pada penunjang ini, tumbuhan anggur dengan cabang pembelit (sulur dahan). Fungsi sulur (sirrus) anngur merah  sebagai alat pegangan. Sulur pada tanaman anggur merah terletak berhadap-hadapan atau berseling dengan daun dan bersifat terputus, artinya dua helai daun anggur merah yang letaknya berdekatan masing-masing bersulur, sedangkan daun yang berikutnya tidak bersulur. Batang anggur merah berbentuk silindris dan permukaan halus.
 
Struktur batang dan percabagannya anggur merah  ini terdiri atas batang utama, cabang primer, cabang sekunder dan cabang tersier yang akan menghasilkan cabang bunga dan buah. Setiap batang anggur merah mempunyai mata tunas. Kulit batang dan cabang anggur merah yang muda berwarna hijau tetapi setelah tua berubah hijau kecokelat-cokelatan dan cokelat. Cabang bermata tunas anggur merah dapat digunakan sebagai bahan budidaya tanaman yang mana di cangkok.

Klasifikasi Anggur Merah
 
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Rhamnales
Famili :Vitaceae
Genus : Vitis
Spesies : Vitis labrusca


Kandungan Anggur Merah

Buah anggur merah mengandung senyawa  flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Buah anggur juga mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Manfaat dan Khasiat Anggur Merah Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Penyakit kanker
  2. Memperlancar aliran darah
  3. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung
  4. Antioksidan untuk memperlambat punuaan tubuh kita.
  5. Menurunkan lemak jahat (trigliserida)

0 comments:

Post a Comment