Home » » Manfaat dan Khasiat Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)
Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)


Deskripsi Tanaman Benalu

Tanaman benalu adalah tanaman yang hidup dengan menumpang atau mengambil nutrisi dari tanaman lain dengan cara menempel pada batang dan dahan tanaman inang. Nama latin tanaman benalu adalah Macrosolen cochinchinensis (Lour.) van Tiegh. Sedangkan dalam bahasa inggris naman tanaman benalu adalah Loranthus. Arti tanaman benalu menurut masyarakat di Indonesia sering di umpamakan dengan orang yang menyusahkan atau merugikan orang. Sifat tanaman benalu ini selalu menjadi parasit tanaman lain sehingga terkadang menyebabkan bagian dahan dan batang yang tanaman inang yang ditempeli menjadi kering dan kekurangan nutrisi karena nutrisi pohon inang tersebut banyak diambil tanaman benalu. Tanaman benalu mudah di jumpai pada berbagai macam tanaman seperti pada tanaman benalu teh, tanaman benalu mangga, tanaman benalu kopi, tanaman benalu cemara dan lain-lain.  Jenis tanaman benalu ini ada banyak didunia menganut pada pohon inang yang di tumpangi. Kegunaan dan fungsi tanaman benalu pada sebagain masyarakat digunakan sebagai obat herbal yang mana untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh kita
  
Klasifikasi Tanaman Benalu

Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Loranthales
Suku : Loranthaceae
Marga : Macrosolen
Jenis : Macrosolen cochinchinensis (Lour.) van Tiegh.


Anatomi dan Morfologi Tanaman Benalu

Tanaman benalu merupakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan media tanam seperti tanah. Tanaman benalu tumbuh sebagai parasit, menempel pada dahan, tangkai dan batang pohon kayu lain dan mengisap kambium dalam pohon kayu yang ditempelinya dapat kering dan mati. Daun benalu bertangkai pendek, eliptis sampai bentuk lanset, kadang-kadang bulat telur, gundul 3,5-17 kali 1,5-7 dengan ujung yang agak meruncing, serupa kulit, mengkilat. Bunga tanaman benalu berjumlah 5-7 dalam setiap tangkainya,berdiri sendiri, di ketiak daun, biasanya  dalam berkas pada ruas tangkai yang tua. Tangkai bunga tanaman benalu pendek. Tabung kelopak bunga tanaman benalu berbentuk elipsoid, panjang lingkaran 3 mm, pinggiran mahkota sangat pendek. Buah tanaman benalu berbentuk bulat seperti peluru, dengan ukuran panjang 6 mm, yang berwarna coklat agak ke kuningan. Bunga benalu berkelamin tunggal biji buahnya mengandung getah. Akar tanaman benalu masuk ke dalam tubuh inangnya sampai bagian kulit inang tanaman kemudian mengambil sari makannya akarnya berkayu. Habitat tanaman benalu pada dataran menengah sampai tinggi dari ketinggian 800-2300 meter di atas permukaan laut. Budidaya tanaman benalu melalui binatang atau burung yang memakan biji buah benalu tersebut. Proses berkembangbiak tanaman benalu ini dengan tahapan: biji benalu yang bergetah itu dimakan binatang atau burung. Kemudian biji benalu tersebut melekat di ranting dan batang kayu bersama dengan kotoran hewan yang memakannya, dan tumbuh di tangkai atau batang itu.

Kandungan Tanaman Benalu

Tanaman benalu mengandung zat glikosida kuersetin, querstrin, alkaloida, saponin, flavonoid, dan tanin. Setiap kandungan tersebuttergantung dari jenis pohon induk yang dia tumpangi.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Benalu Bagi Kesehatan
  • Tanaman benalu digunakan untuk obat penyakit gangguan kelenjar prostat, 
  • Tanaman benalu untuk obat nyeri pinggang
  • Tanaman benalu untuk obat melancarkan buang air kecil
  • Tanaman benalu sebagai obat untuk mengobati kanker
  • Tanaman benalu digunakan sebagai obat penyakit tumor, 
  • Tanaman benalu untuk obat penyakit amandel
  • Tanaman benalu berguna untuk mengobati penyakit gangguan pada organ usus.
  • Tanaman benalu digunakan sebagai obat penyakit gangguan pada kelenjar prostat
  • Tanaman benalu dapat digunakan untuk antioksidan tubuh agar tubuh kita terlihat lebih muda


        

0 comments:

Post a Comment