Home » » Manfaat dan Khasiat Bunga Bakung (Crynum Asiaticum L)

Manfaat dan Khasiat Bunga Bakung (Crynum Asiaticum L)

Manfaat dan Khasiat Bunga Bakung (Amarilis)
Bunga Bakung Crynum asiaticum L


Deskripsi Bunga Bakung 

Sering kita lihat atau jumpai tanaman bunga bakung  disekitar kita seperti ditaman, di pinggir jalan dan sekitar pekarangan rumah kita. Tanaman bunga bakung adalah tanaman bunga yang termasuk dari keluarga Amaryllidaceae. Tanaman bunga bakung  berasal dari Eropa. Nama bunga bakung dalam bahasa Inggris adalah lily. Nama ilmiah atau latin bunga bakung adalah Crynum asiaticum L. Karakteristik bunga bakung ini mempunyai warna yang indah di setiap kelopaknya. Bunga Bakung mempunyai warna seperti putih, merah, kuning, dan lain-lain. Bunga bakung ini memiliki 110 jenis tanaman yang ada di dunia. Fungsi tanaman bunga bakung ini tidak hanya digunakan untuk tanaman hias saja namun kegunaan tanaman bunga bakung bisa juga digunakan sebagai tanaman obat herbal yang mana untuk mengobati berbagai penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Bunga Bakung

Jawa : Bakung, bakong, Bangka : semur , Ambon : dausa

Klasifikasi Bunga Bakung

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus: Crynum
Spesies: Crynum asiaticum L. 

Anatomi dan Morfologi Bunga Bakung

Tanaman bakung adalah tanaman bunga yang  masuk keluarga Amaryllidaceae. Tanaman bunga bakung merupakan tumbuhan tahunan yang mempunyai tinggi 60–180 cm. Tanaman bunga bakung memiliki tangkai yang kuat. Tanaman bunga bakung mempunyai umbi polos di dalam tanah. Bunga tanaman bakung ini besar memiliki tiga kelopak, yang mempunyai harum wangi, dan bunga bakung ini memiliki berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam dan lain-lain. Terdapat pula corak bunga bakung yang berupa bintik-bintik. Tanaman bunga bakung ini tumbuh di sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, ke Indocina dan ke Filipina. Habitat bunga bakung di dataran tinggi namun sebagian jenis tamanan bakung dapat hidup di dataran rendah yang memiliki kriteria mengandung kadar asam yang seimbang. Tanaman bunga bakung berkembang biak dengan cara pemisahan umbi pada tanaman induk.

Kandungan Kimia Bunga Bakung

Tanaman bunga bakung mengandung zat  flavonoid, saponin, dan tanin, sedangkan pada umbi, akar, serta biji tanaman bakung mengandung alkaloid likorin, krinin, dan asetilkorin.

Manfaat dan Khasiat Bunga Bakung
  1. Mengurangi kolestrol
  2. Mengobati keseleo
  3. Mengobati sakit pinggang
  4. Mengobati sakit gigi
  5. Melancarkan buang air kecil
  6. Mengobati luka (borok)
  7. Mengobati muntah
  8. Mengobati batuk
  9. Mengobati bengkak
  10. Mengobati penyakit kulit seperti bisul
  11. Mengobati penyakit rematik










0 comments:

Post a Comment