Home » » Manfaat dan Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan

Duku adalah nama umum dari sejenis buah-buahan anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.


Manfaat Buah Duku

Berikut Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan :

Mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan. Lanzones juga dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja.
Kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku dapat membantu menguatkan gigi.
Biji buah duku dapat diolah untuk mengobati cacingan, dapat menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare. Caranya adalah dengan menumbuk biji duku sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air.
Kulit buah duku dapat juga dimanfaatkan sebagai obat nyamuk. Caranya adalah dengan membakar kulit buah tersebut hingga menimbulkan aroma yang khas. Aroma yang ditimbulkan dari pembakaran tersebut ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kegunaan Buah Duku Sebagai Obat :

1. Duku kering dibakar untuk menghasilkan bau aromatik yang mengusir nyamuk.
2. Rebusan kulit duku mengandung zat yang digunakan untuk pengobatan disentri.
3. Bubuk kulit digunakan untuk meredakan sengatan kalajengking.
4. Campuran benih bubuk dan air yang digunakan untuk pengobatan cacingan.
5. Antipiretik – Setiap obat yang menurunkan suhu tubuh untuk mencegah atau meringankan demam.
6. Resin dari kulit kayu yang ditentukan untuk perut kembung (keadaan gas yang berlebihan dalam saluran pencernaan), untuk pembengkakan dan sebagai antispasmodic (obat yang digunakan untuk meredakan atau mencegah kejang).

0 comments:

Post a Comment