Home » » Manfaat dan Khasiat Jengkol

Manfaat dan Khasiat Jengkol

Jengkol yang memiliki nama latin Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum, merupakan buah yang terkenal dengan aromanya yang khas dan banyak dihindari sebagian masyarakat, namun tidak sedikit juga yang menyukai buah ini, karena di Indonesia sendiri jengkol sudah menjadi makanan khas. Jengkol biasanya di olah menjadi balado jengkol, kerupuk jengkol, bahkan sudah banyak yang menciptakan keripik berbahan dasar jengkol. Keripik ini hampir tidak memiliki bau khas dari jengkol, selain dapat dijadikan cemilan atau teman makan, jengkol memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 


Manfaat Buah Jengkol

Berikut Adalah Manfaat Buah Jengkol : 

Penderita Jantung Koroner
Jengkol terdiri dari berbagai vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi. Jengkol memiliki khasiat diuretic yang dapat membantu melancarkan pembuangan urine, dan hal ini sangat menguntungkan bagi penderita penyakit jantung koroner.

Melangsingkan Perut Buncit
Seratnya dapat melancarkan buang air besar, dan secara tidak langsung dapat membantu melangsingkan perut yang buncit akibat sulit BAB. Karena itu juga jengkol digunakan sebagai bahan cuci perut yang ampuh selain apel.

Manfaat Bagi Penderita Diabetes
Manfaat lainnya adalah mencegah penyakit diabetes/kencing manis dikarenakan kandungan asam dan mineralnya. Namun asam jengkolat yang terdapat di jengkol berupa kristal dan tidak mudah larut oleh air. Karena itu saran dalam mengkonsumsi jengkol adalah jangan berlebihan, karena ginjal bisa jadi tidak dapat menyaring asam tersebut dalam jumlah yang kelewat banyak hingga akhirnya mengalami sulit berhenti buang air kecil atau sering disebut anyang-anyangan atau kejengkolan.

0 comments:

Post a Comment