Home » » Manfaat dan Khasiat Daun Iler untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Iler untuk Kesehatan


Tanaman ini biasa juga di sebut dengan istilah Miana, Jawer Kotok, Kentangan, Ati-ati. Yang berkhasiat untuk pengobatan adalah bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.
Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi.Bunganya berwarna putih keunguan. Bila dirasakan, tumbuhan ini agak pahit tapi baunya harum. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa.
Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.


Manfaat Daun Iler
Gambar tumbuhan iler (sumber : google.co.id)



Kandungan dan Manfaat Iler.
Dari beberapa penelitian diketahui, tumbuhan ini kaya oleh berbagai kandungan kimia, seperti minyak atsiri, tanin, lemak, phyosterol, calcium oxalate, dan pectic substances. Kandungan kimia itu terdapat pada bagian batang dan daunnya. Dari kandungan kimia tersebut, daun iler memiliki efek farmakologis seperti obat cacing.
Daun iler mengandung minyak atsiri antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Penyakit yang Dapat disembuhkan dan Cara Penggunaannya : 

Sakit Mata Merah

Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal
setengah. Minum sekali habis.
Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan
sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

Luka, Bisul, Abses, dan Borok

Beberapa helai daun iler di cuci bersih kemudian di remas-remas atau ditumbuk halus sampai mengeluarkan cairan. Tempelkan kebagian tubuh yang luka atau terkena borok-borok. Bagian itu kemudian dibalut, Ganti tiga kali sehari.

Sembelit

5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

Mengatasi Cacing Gelang

Untuk mengatasi cacing gelang, daun iler diambil sebanyak tujuh lembar, lalu dicuci, dan digiling halus. Tambahkan air setengah cangkir dan sesendok makan madu. Semua disaring dan airnya diminum sehari 2-3 kali.


Radang Usus

Daun iler segar 12 helai; Bawang merah (disangrai)1 umbi; Rimpang kunyit 2 g; Herb apatikan cina segar 7 g; Menyan madu 1/2 g; Air 110 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml (infus)atau 1/4 cangkir (pipisan).


Ambeien

Cuci 17 helai daun iler dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit yang masing-masing sebesar jari lalu memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum sehari sekali sebanyak segelas. Ramuan ini cukup untuk 3 hari.


Keputihan dan Gangguan Pencernaan

Daunnya yang direbus bisa digunakan untuk mengobati wasir (ditambah gula merah), terlambat haid, keputihan (ditambah madu), dan gangguan pencernaan.

0 comments:

Post a Comment