Home » » Manfaat dan Khasiat Bunga Kenanga (Canangium Odoratum)

Manfaat dan Khasiat Bunga Kenanga (Canangium Odoratum)

Manfaat dan Khasiat Bunga Kenanga (Canangium odoratum)
Bunga Kenanga (Canangium odoratum)


Deskripsi Bunga Kenanga

Bunga Kenanga adalah bunga yang memiliki harum dan bau yang khas. Tanaman bunga kenanga sering kita jumpai bunga kenanga dalam pot namun juga kadang di sekitar pekarangan kita. Nama ilmiah bunga kenanga adalah Canangium odoratum. Bunga kenanga dalam bahasa inggris yaitu Ylang-ylan. Asal bunga kenanga ini merupakan tanaman asli Indonesia. Bunga kenanga ini juga tersebar di berbagai daerah di Filipina, Polinesia, Melanesia, Mikronesia. Tanaman bunga kenanga ini termasuk famili Annonaceae ini, mempunyai dua jenis bunga kenanga utama yaitu Cananga odorata forma macrophylla, yang dikenal sebagai Kenanga asli Indonesia dan Cananga odorata forma genuina atau kenanga asli Filipina.  Mitos dan legenda bunga kenanga kebudayaan Jawa, kehadiran bunga kenanga ini di dalam taman sekitar rumah dapat menjadi penangkal ilmu hitam, guna-guna dan sejenisnya untuk melindungi rumah beserta isinya. Bunga kenanga melambangkan  kehidupan tidak ada yang abadi atau juga kehidupan setelah kematian.Cerita bunga kenanga jika kita pada saat berjalan mencium bau harum dari bunga ini mungkin di sekitar kita terdapat makhluk halus Sejarah bunga kenang ini jaman dulu fungsi bunga kenanga untuk upacara keagaman. Guna bunga kenanga tidak hanya untuk upacara keagaman saja namun juga bunga kenanga ini mempunyai manfaat dan khasiatnya  bagi tubuh.

Nama Daerah Bunga Kenanga

Kananga (Sunda, Madura), Kenanga, Wangsa (Jawa), Kenanga, Semanga, Selanga (Aceh), Selanga (Gayo), Nuarai (Simalungun), Ngana-ngana (Nias), Ananga, Kananga (Minangkabau), Sandat Kanaga, Sandat Wanga (Bali), Adat (Sasak), Anga (Bima), Tenanga (Sawu), Bunga Kaeik (Roti), Amok, Wungurer, Kumpul, Pum-pum, Wal im puket, Luit (Minahasa), Kananga (Bugis), Wanggulita (Gorontalo) Sapalin, Kupa Apale, Sukalone, Kupa Aitetui, Kupa Aiouno, Sipaniune, Kupaleuo (Seram), Sapalen, Walotol (Ulias), Sapalen, Kumbang (Buru), dan Kananga Wangi (Ambon).

Klasifikasi Bunga Kenanga

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Cananga
Spesies: Cananga odorata (Lamk.) Hook.

Anatomi dan Morfologi Bunga Kenanga

Tanaman bunga kenangame memiliki struktur , daunya memiliki pangkal daun yang berbeda-beda, antara meruncing dan membulat, dan untuk ujung daunya kebanyakan meruncing. Bunga kenanga ini masuk dalam tumbuhan dikotil karena bunga kenanga tidak memiliki upin daun. Pada batang bunga kenanga banyak sekali terdapat lentisel, pada batang pokok susah dibedakan karena dalam perkembangan kalah besar dengan cabangnya. Struktur bunga kenanga yaitu bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung ciri bunga kenanga ini  seperti bentuk bintang laut. Akar bunga kenanga  nampak berbentuk yang seperti kerucut, dengan sedikit percabangan, akan tetapi karena dalam masyarakat kita tumbuhan kenanga banyak digunakan, utamanya untuk tradisi ”nyekar”, maka dari itu banyak masyarakat kita yang membudidayakan tanaman ini dari proses reproduksi bunga kenanga dengan melalui aseksual yaitu stek dan cangkok bunga kenanga yang mana nantinya akar bunga kenanga ini yang didapat bukan akar yang sebenarnya yaitu akar tunggang tetapi akar adventif yang biasanya bentuknya mirip seperti serabut, karena tumbuhnya bukan langsung dari bijinya, kekuatanya untuk menopang bagian-bagian tumbuhan lainpun kurang begitu kuat.
Kandungan Kimia Bunga Kenanga

Bunga kenanga mengandung saponin, flavonoid, polifeno, dan minyak atsiri.

Manfaat dan Khasiat Bunga Kenanga untuk kesehatan
  1. Obat bunga kenanga sebagai obat nyeri haid
  2. Bunga kenanga untuk kecantikan yaitu sebagi campuran bahan kosmetik
  3. Bunga kenanga untuk jerawat 
  4. Obat pembersih sehabis melahirkan
  5. Obat sesak nafas
  6.  Bronkhitis
  7. Obat malaria
  8. Bunga kenanga untuk obat hepatitis. 







           

0 comments:

Post a Comment