Home » » Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek

Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek



Kesemek diketahui memiliki kandungan tanin cukup tinggi. Itu sebabnya, buah dengan nama ilmiah Diospyros kaki memiliki rasa sepat dan terasa menebal di lidah ketika dikunyah. Kandungan tanin sebenarnya akan berkurang ketika buah berada pada kondisi matang yang pas.
Selain tanin yang cukup tinggi, kandungan pada buah kesemek yaitu senyawa antioksidan, karbohidrat, ruktosa, glukosa, protein, dan vitamin A. Sedangkan kandungan mineralnya berupa kalium, kalsium, fosfor, retinol, asam askorbat, dan polifenol.

Manfaat Buah Kesemek Adalah Sebagai Berikut :

Mengobati Sakit Perut

Untuk mengobati sakit perut makanlah buah kesemek segar. Kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kandungan tersebut akan membantu membuat rasa nyaman di perut.

Mengobati Diare dan Disentri

Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan. Rebus sampai jadi bubur. Campur dengan beras ketan dan irisan jeruk dua potong. Campur sampai rata, angkat dan konsumsi tiga kali sehari.

Mengobati Batuk Berdahak dan Asma

Ambil dua potong buah kesemek, iris tipis dan keringkan. Kukus sampai matang. Selanjutnya bisa langsung dimakan atau dihaluskan dengan tambahan sedikit madu.

Hipertensi Tekanan Darah Tinggi.

Buah kesemek di juss dengan menambahkan sedikit air hangat dan diminum 1 x sehari.

Mencegah Penyakit Jantung

Kesemek bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena buah ini mengandung polifenol yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang gak baik bagi kesehatan manusia.

0 comments:

Post a Comment