Home » » Manfaat dan Khasiat Buah Menteng

Manfaat dan Khasiat Buah Menteng




Menteng memiliki nama lain kepundung, atau (ke)mundung ini adalah pohon buah mirip dengan buah duku. Rasa buahnya biasanya masam meskipun ada pula yang manis. Buah Menteng ini memiliki nama latin Baccaurea racemosa.
Menteng dulu biasa ditanam di pekarangan namun sekarang sudah sulit ditemui akibat desakan penduduk dan penanaman tanaman buah lain yang lebih disukai. Buah Menteng ini mirip dengan kelengkeng, berbentuk bulat-bulat, tetapi kulitnya lebih mulus. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar.

Kandungan Gizi Buah Menteng

Buah Menteng mengandung energi sebesar 65 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 16,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 13 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Menteng juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 3 miligram.

Manfaat Buah Menteng

Dari kandungan gizi yang ada di buah menteng, maka dapat dimanfaatkan untuk:
  • Buahnya juga dimanfaatkan untuk setup : mungkin dijadikan asinan, atau difermentasi menjadi anggur.
  • Vitamin B6 berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak, membantu mensintesis asam amino nonesensial dan memproduksi sel darah merah.
  • Mengatur tekanan osmotik, menjaga keseimbangan elektrolit (asam-basa) tubuh, dan bersama natrium membantu metabolisme air.
  • Pembentukan tulang dan gigi, untuk penyimpanan dan pengeluaran energi
  • Kayunya digunakan untuk bangunan rumah, perahu, dan mebel.

0 comments:

Post a Comment