Home » » Manfaat dan Khasiat Daun Inggu untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Inggu untuk Kesehatan




Nama ilmiah tumbuhan inggu adalah Ruta angustifolia (L.) Pers.
Tumbuhan inggu ini sangat asing ditelinga kita bahkan bentuknya juga banyak orang yang tidak tahu dari namanya juga sudah bingung. Tumbuhan inggu ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati penyakit-penyakit yang sangat merugikan tubuh kita. Tumbuhan inggu bagi sebagian orang yang tau cara mengolahnya dipakai sebagai pengobatan tradisional alami. Tumbuhan inggu ini memiliki rasa pahit, berbau aromatik, tetapi sedikit beracun.

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada tumbuhan inggu, di antaranya minyak terbang, fenol, ester, rutin, glukosida, zat samak, skimianin, kokusaginin, dan beragapten. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh tumbuhan inggu, di antaranyaanti-kejang dan obat penenang. Daun inggu beserta tangkai atau tanpa tangkai dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Eksim dan Gudik

Cuci bersih 20 helai daun inggu, 1 jari kunyit, dan 1 sendok teh beras. Tumbuk semua bahan sampai halus, tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan. Gosokan adonan secara merata pada bagian kulit yang terkena eksim atau gudik.

Lever

Cuci bersih 7 helai daun inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama. Minum air rebusan 2 kali sehari bersama 1 sendok teh gula batu, masing-masing ¾ gelas.

Demam, Masuk Angin, dan Pegal-Pegal

Cuci bersih ½ genggam herba inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari bersama 1 sendok makan madu, masing-masing ¾ gelas ramuan.


Kejang-Kejang

Cuci bersih 15-20 g daun inggu segar, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Sakit Gigi

Cuci bersih 3 helai daun inggu segar lalu tumbuk sampai halus. Masukan hasil tumbukan ke gigi yang berlubang lalu tutup dengan kapas.


Catatan : Wanita hamil dilarang minum ramuan daun inggu.

0 comments:

Post a Comment